PUPR: Pembangunan rumah korban gempa Cianjur akan selesai sebelum Lebaran


Semuanya akan kami selesaikan sebelum lebaran tahun depan, sehingga saat Lebaran April 2023 sudah bisa menempati rumah baru

Jakarta (Kabargadget) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan pembangunan rumah warga yang rusak parah atau roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, selesai sebelum Lebaran 2023.

“Semuanya akan kami selesaikan sebelum lebaran tahun depan, sehingga saat Lebaran April 2023 sudah bisa menempati rumah baru,” kata Basuki di Jakarta, Minggu.

Ia menambahkan, Kementerian PUPR telah menyiapkan lahan untuk relokasi di dua tempat, yakni seluas 2,5 hektare di Cilaku dan seluas 30 hektare di Mande, Cianjur.

Baca juga: Pemkab Cianjur siapkan kontrakan rumah untuk korban gempa

Lahan relokasi di Cilaku saat ini sedang dikerjakan untuk sekitar 200 unit rumah sederhana sehat instan (RISHA) dengan struktur tahan gempa.

Untuk lahan yang terletak di Mande, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah mulai melaksanakan pembukaan lahan untuk pembangunan sekitar 2.400 rumah.

Pembangunan rumah baru ditujukan bagi korban gempa yang rumahnya rusak parah, roboh, atau harus direlokasi.

“Rumah yang rusak berat dapat dibangun kembali di atas tanahnya atau harus direlokasi karena berada di daerah rawan gempa. Berdasarkan rekomendasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan Badan Geologi, harus direlokasi ,” kata Basuki.

Baca juga: Pemerintah bangun rumah percontohan tahan gempa di Nagrak

Selain membangun rumah untuk relokasi warga terdampak gempa, Menteri Basuki mengatakan Kementerian PUPR juga akan merehabilitasi beberapa bangunan umum, fasilitas sosial, dan fasilitas umum yang rusak berat akibat gempa.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berencana membangun rumah baru tahan gempa untuk korban yang rumahnya rusak parah, roboh, atau harus direlokasi akibat gempa di Cianjur.

Dia telah memerintahkan Dirjen Perumahan Kementerian PUPR untuk melakukan verifikasi rumah korban gempa Cianjur. Rumah baru untuk korban gempa Cianjur akan dibangun dengan teknologi tahan gempa RISHA.

Teknologi RISHA merupakan perwujudan dari rumah desain modular, yaitu konsep membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil (modul) dengan ukuran yang efisien sehingga dapat dirangkai menjadi sejumlah besar produk yang berbeda.

Desain bangunan rumah dengan sistem modular ini dapat diubah atau dikembangkan sesuai keinginan atau kebutuhan penghuni. Selain itu pembangunan rumah dengan teknologi RISHA sangat cepat.

Aji Cakti
Nusarina Yuliastuti
HAK CIPTA © Kabargadget 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *