Polisi Berencana Keluarkan BPKB Elektronik Mulai Tahun Ini

Selasa, 27 September 2022 – 14:59 WIB

Kabargadget Otomotif – Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan menerbitkan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor Elektronik (BPKB) mulai tahun ini. Pihaknya saat ini sedang mengembangkan BPKB elektronik.

Hal itu disampaikan langsung oleh Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus. Menurutnya, BPKB elektronik akan lebih sederhana dan langsung terintegrasi dengan data tunggal Korlantas Polri.

“Kita akan coba BPKB baru kita tahun ini, memang kita pakai teknologi chip disana untuk bisa tahu, di dalamnya ada history kendaraan dan semuanya,” kata Yusri, seperti dilansir Korlantas Polri, Selasa, 27 September 2022. .

“BPKB akan memudahkan masyarakat, misalnya BPKB untuk mutasi kendaraan tidak lagi 1-2 bulan, cukup sehari bisa cepat dengan harga PNBP,” lanjutnya.

Lebih lanjut Yusri menegaskan, BPKB yang baru nantinya akan terintegrasi dengan pemangku kepentingan seperti keuangan, perbankan dan pegadaian. Sehingga kedepannya tidak ada lagi oknum yang memalsukan atau menggandakan BPKB.

BPKB.

“Nanti ini akan menghilangkan modus, banyak orang yang nakal. Dia masih mencicil, tapi dia membuat lebih banyak salinan BPKB untuk dijual lagi,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *