Perbedaan RAM dan ROM di Hp, Dari Fungsi hingga Kapasitas : Kabargadget techno


JAKARTA – Perbedaan antara RAM dan ROM di telepon genggam mungkin tidak diketahui oleh sebagian pengguna, jika demikian bisa jadi terjadi kesalahpahaman tentang kedua komponen tersebut.

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Fungsi RAM adalah untuk menyimpan sementara data perintah dari sistem atau aplikasi. Komponen ini juga berguna untuk menyimpan data dari aplikasi saat sedang digunakan.

Aplikasi dan sistem dapat beroperasi dengan mudah dan merespon perintah dengan cepat jika kapasitas RAM mencukupi. Secara garis besar, RAM digunakan untuk menyimpan data program yang dibutuhkan saat aplikasi bekerja. Saat aplikasi ditutup maka data yang terdapat dalam RAM akan terhapus.

Sebaliknya, ROM berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat permanen. Tidak seperti RAM, ketika aplikasi ditutup atau ROM kehilangan daya, itu tidak dapat dihapus secara otomatis.

Pada ponsel Android, fungsi ROM sebagai media penyimpanan data aplikasi seperti foto, video, musik dan juga data aplikasi bersifat permanen. Sedangkan RAM hanya untuk memastikan aplikasi dan sistem dapat berjalan dengan lancar dan responsif.

Dirangkum dari berbagai sumber, perbedaan RAM dan ROM pada ponsel Android adalah sebagai berikut:

1. Kebutuhan Arus Listrik

Soal kebutuhan arus listrik, RAM jadi juaranya. Itu tidak dapat menyimpan atau mengubah data tanpa adanya listrik. Bahkan jika tidak ada listrik, RAM tidak akan berjalan.

Berbeda dengan ROM, komponen yang satu ini tidak membutuhkan listrik. Misalnya foto, data atau video tidak akan hilang walaupun ponsel dimatikan.

2. Kapasitas Kapasitas RAM vs ROM

Untuk kapasitas RAM lebih kecil dari ROM. Karena ROM bersifat sementara dalam menyimpan data. Sedangkan ROM memiliki kapasitas yang lebih besar karena data yang disimpan bersifat permanen.

Di pasaran saat ini, ponsel Android dilengkapi dengan RAM berkapasitas 2GB hingga 8GB. Di sisi ROM, kapasitasnya lebih besar dari RAM mulai dari 16 GB hingga 512 GB.

Berdasarkan perbedaan antara RAM dan ROM yang telah dibahas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa kinerja HP ‚Äč‚Äčtetap lancar saat digunakan menjadi tanggung jawab RAM.

Sedangkan ROM bertugas menyimpan data sistem dan aplikasi yang bersifat permanen. Ini berarti bahwa pengguna dapat melihat atau membaca data tetapi tidak dapat menghapusnya secara otomatis.

(amj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *