Kenali Puro Mangkunegaran, tempat resepsi pernikahan Kaesang dan Erina

Kamis, 8 Desember 2022 – 20:17 WIB

Wisata Kabargadget – Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep akan melamar Erina Gudono. Akad nikah akan dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2022 di Hotel Royal Ambarukmo Yogyakarta sedangkan resepsi akan dilaksanakan keesokan harinya atau tanggal 11 Desember di Puro Mangkunegaran, Solo.

Sebelum menggelar resepsi, akan ada nunduh mertua dan kirab atau arak-arakan pengantin dari Gedung Loji Gandrung menuju Puro Mangkunegaran menggunakan kereta emas.

Puro Mangkunegaran memiliki nilai sejarah tersendiri. Menurut berbagai sumber, berdirinya Puro Mangkunegaran berkaitan dengan Kadipaten Mangkunegaran. Salah satu kerajaan di Solo hadir pada 17 Maret 1757.

Keraton ini berdiri setelah Perjanjian Salatiga ditandatangani oleh rombongan Raden Mas Said, Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengkubuwana I), Sunan Pakubuwana III, dan VOC.

Puro Mangkunegaran

Puro Mangkunegaran

Foto:

  • Instagram @puromangkunegaran

Perjanjian Salatiga membuat Raden Mas Said diakui sebagai pangeran merdeka. Wilayahnya berstatus kadipaten bernama Praja Mangkunegaran.

Proses pembangunan Puro Mangkunegaran tidak berhenti pada masa Raden Mas Said. Pekerjaan baru dan renovasi sering dilakukan oleh penguasa Mangkunegaran berikutnya seperti Mangkunegara IV yang menambahkan besi di sekitar pendopo pada tahun 1886.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *