DPRD Apresiasi Dibuka Kembali Pasar Turi Baru, Reni Astuti: Bisa Jadi Warisan Wali Kota Kedepan


Kabargadget|SURABAYA – Belasan tahun sejak Pasar Turi terbakar pada 2007, pasar grosir legendaris ini berubah menjadi ‘Pasar Turu’.

Ikon pasar grosir terlengkap dan termurah sedang tertidur lelap.

Namun kini, di bawah kendali Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, pasar grosir terbesar di Indonesia Timur itu kini telah terbangun dari tidurnya.

Pasar Turi Baru telah bangkit kembali dan segera beroperasi setelah resmi dibuka pada Senin (21/3/2022).

Ratusan pedagang yang enggan menempati lapaknya usai kebakaran telah kembali ke gedung Pasar Turi Baru.

Sebelumnya, ratusan pedagang ini memilih bertahan di Tempat Penampungan Sementara (TPS) Pasar Turi. Kini TPS tersebut sudah rata dengan tanah dan dijadikan jalan lebar.

Begitu pula para pedagang lama yang beralih ke Pasar Grosir Surabaya (PGS) juga kembali ke rumah lamanya. Pasar Turi Baru dengan enam lantai kini lebih luas dan nyaman. Ribuan stan sudah terisi.

“Kami sangat mengapresiasi kerja nyata Pemkot (Pemkot) dalam menghidupkan kembali Pasar Turi. Puluhan tahun terhenti. Mungkin ini akan terus dikenang dan menjadi warisan Wali Kota Eri ke depan,” ujar Wakil Ketua Umum DPD RI. DPRD Kota Surabaya Reni Astuti saat meninjau pasar. Turi, Selasa (22/3/2022).

Selama belasan tahun, ribuan pemilik stan di Pasar Turi hanya bisa merana.

Pemerintah kota di era sekarang ini telah berhasil menerobos kebuntuan selama bertahun-tahun di bawah arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan Agung.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *