Bayar Tol Tanpa Berhenti Bisa Pesan Perjalanan, Begini Caranya

Senin, 26 September 2022 – 14:42 WIB

Kabargadget Otomotif – Pembayaran tol tanpa kontak atau tanpa berhenti di gerbang tol, rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2023. Sedangkan aplikasi penunjang pembayaran tol akan dirilis ke publik pada Desember 2022. Sehingga nantinya pengguna jalan tol yang akan menyeberang jalan tol , harus mengunduh aplikasi Cantas untuk memproses pembayaran.

Menurut Danang Parikesit, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), aplikasi ini akan dirilis ke publik pada Oktober, namun belum bisa diunduh. Karena masih dalam tahap uji coba, konsultasi, lalu review. Setelah itu, pada Desember 2022 akan dirilis versi baru yang dapat diakses oleh publik.

Seperti dikutip dari akun Instagram resmi BPJT, sistem pembayaran contactless ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS), yang mengubah metode transaksi tol yang sebelumnya berbasis chip menjadi pembayaran berbasis akun dan server.

Pengguna jalan cukup mengunduh aplikasi di perangkat/smartphone mereka, untuk dapat melakukan pembayaran tol. Saat akan memulai perjalanan, pengguna diminta untuk mengaktifkan aplikasi di perangkat dengan menekan tombol start.

Ponsel pengguna akan mengirimkan sinyal GPS ke sistem pusat MLFF, dan GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan dan memotong saldo secara otomatis, tulis akun Instagram resmi BPJT.

Disebutkan, Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah memulai pembangunan transaksi tol menuju sistem MLFF. “Penggunaan teknologi uang elektronik berbasis chip dengan cara tap telah menghemat waktu transaksi yang sebelumnya menggunakan uang tunai, dari 10 detik menjadi 4 detik,” tulis keterangan Instagram BPJT.

Dengan penggunaan MLFF dapat menghilangkan waktu antrian menjadi nol detik. Manfaat lainnya adalah efisiensi biaya operasional dan juga meminimalkan bahan bakar kendaraan. Rencananya uji coba MLFF akan dilakukan pada Januari 2023. Aplikasi tersebut telah diuji dari akurasi pembacaan titik lokasi yang lebih baik, hingga kemampuan untuk menggunakannya pada smartphone versi low-end.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *