Bahaya! Inilah Dampak Mobil Kepanasan

AKURAT.CO, Pemanasan mobil tentunya berdampak baik pada mesin mobil itu sendiri. Namun, jika terlalu sering memanaskan mobil juga tidak baik, lho! Dapat menimbulkan beberapa risiko kerusakan pada kendaraan favorit Anda.

Sebenarnya, memanaskan mobil tidak wajib dilakukan setiap hari. Anda dapat melakukan aktivitas ini dengan menyesuaikan jenis kendaraan. Jika Anda memiliki kendaraan dengan mesin non-injeksi atau konvensional, Anda tidak membutuhkannya setiap hari.

Mobil konvensional yang biasanya terdapat pada jenis mobil tua masih menggunakan karburator yang fungsinya untuk mencampur bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Untuk memanaskan mobil jenis ini, Anda hanya membutuhkan waktu 5 menit.

baca juga:

Anda juga tidak perlu melakukannya setiap hari karena jika lebih dari 5 menit bahkan sampai 30 menit akan membuat mesin overheat. Jadi, Anda hanya perlu melakukan pemanasan dua atau tiga kali seminggu.

Namun, jika Anda memiliki mobil dengan mesin injeksi, seperti mobil-mobil terbaru, Anda juga tidak perlu melakukan pemanasan setiap hari.

Khusus untuk mobil injeksi, proses pemanasannya jauh lebih singkat, yakni hanya 30 detik. Anda juga hanya perlu melakukan ini jika kendaraan telah disimpan di garasi selama berminggu-minggu.

Lalu, apa saja dampak negatif dari terlalu sering memanaskan mobil? Melansir dari laman Suzuki, berikut ulasannya.

1. Mencemari lingkungan

Kendaraan yang digunakan setiap hari sudah menimbulkan emisi gas buang. Jika ditambah dengan kegiatan pemanasan setiap hari, tentunya akan semakin mencemari lingkungan.

Apalagi jika Anda memanaskan kendaraan hanya di garasi tertutup. Emisi gas buang dapat merusak udara di ruangan yang berventilasi buruk. Dimana pemilik rumah akan menghirup lebih banyak emisi gas tersebut yang tidak baik untuk kesehatan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *