Wisata Religi, 6 Masjid Kuno di Indonesia

Kamis, 19 Mei 2022 – 09:50 WIB

Kabargadget – Masjid kuno di Indonesia tersebar di berbagai daerah. Sebagai negara dengan mayoritas Muslim, sejarah penyebaran ajaran Islam sangat panjang. Perjalanan itu bisa dilihat dari masjid-masjid kuno di Indonesia.

Usianya yang sudah lanjut membuat masjid-masjid di bawahnya menjadi saksi bisu yang menyaksikan bagaimana penyebaran Islam di Indonesia. Tak hanya itu, masjid kuno di Indonesia ini juga menyimpan jejak sejarah yang cukup signifikan. Simak di bawah ini tujuh masjid kuno di Indonesia yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Masjid Wapauwe, Maluku

Masjid Wapauwe di Maluku.

Masjid Wapauwe di Maluku.

Masjid Wapauwe merupakan salah satu masjid kuno di Indonesia. Terletak di Kaitetu, Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Masjid Wapauwe merupakan masjid tertua di Indonesia bagian timur yang dibangun pada tahun 1414. Masjid ini terlihat sederhana, terbuat dari gaba-gaba atau pelepah dan beratap ilalang. Apalagi dari segi ukurannya hanya 10×10 meter.

Keberadaan masjid Wapauwe menjadi saksi sejarah penyebaran ajaran Islam di kepulauan Maluku. Imam Muhammad Arikulapessy adalah imam pertama di masjid ini. Selain usianya, masjid ini disebut-sebut memiliki mushaf Alquran tertua di Indonesia.

2. Masjid Saka Tunggal, Jawa Tengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *