Waspada Pencurian Data Pribadi Modus Lamaran Kerja, Ini Tips Agar Anda Tidak Jadi Korban : Kabargadget techno


JAKARTA – Modus pencurian data Kepribadian semakin beragam. Salah satu yang sering ditemui akhir-akhir ini adalah dengan berkedok rekrutmen pekerjaan.

Para pelaku nantinya akan berpura-pura membuka lowongan pekerjaan. Para korban kemudian diminta mengisi formulir di situs yang mereka buat.

Dari pengisian formulir ini, pelaku akan mengumpulkan data-data pribadi korban, mulai dari foto KTP, foto selfie dengan KTP, foto NPWP, dan data penting lainnya.

Data ini kemudian akan disalahgunakan oleh mereka, misalnya untuk dijual atau digunakan untuk mengajukan pinjaman online.

Tentunya hal ini akan sangat merugikan para korban. Ketika mereka membutuhkan pekerjaan, itu akan menimpa bencana lain.

Agar terhindar dari mode pencurian data seperti ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut ulasannya, diolah dari Instagram Kominfo, Jumat (18/3/2022).

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek keabsahan perusahaan. Pastikan perusahaan yang Anda lamar adalah asli, bukan perusahaan palsu.

Anda dapat melihat alamat kantor dan alamat web. Biasanya alamat kantor yang tidak jelas dan alamat web yang tidak menggunakan domain perusahaan adalah palsu.

Kemudian jangan langsung memberikan data-data penting seperti KTP dan lain sebagainya. Memang masih ada perusahaan yang menanyakan, jika ragu bisa menghubungi tim rekrutmen terkait persyaratan data yang diminta.

Dan yang paling penting, jangan pernah mau dimintai foto selfie dengan KTP. Persyaratan foto selfie merupakan indikasi yang jelas dari penyalahgunaan data.

Jadi, selalu berhati-hati saat ingin mengirim file untuk melamar pekerjaan.

(amj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *