Virus! Tubuh Pria Ini Ada Bluetooth Usai Divaksinasi, Ini Fakta-faktanya: Kabargadget techno

JAKARTA – Sebuah unggahan beredar di Facebook pada tanggal 31 Oktober mendeklarasikan jenazah seseorang yang telah divaksinasi berisi bluetooth dan dapat dilacak melalui aplikasi bluetooth.

Postingan, yang mencakup video, menampilkan seseorang yang muncul untuk membuka jendela pengaturan di ponsel cerdas mereka.

Baca juga: Awas! Fitur Add Yours di Instagram Rentan terhadap Penipuan

Orang tersebut kemudian membuka akses untuk menghubungkan perangkat dengan bluetooth dan sejumlah perangkat terdeteksi dari ponsel pintar.

Baca juga: Standar Bluetooth 5.1 Baru Diumumkan, Ini Kelebihannya

Obrolan Viral

(Unggahan hoax yang mengatakan tubuh mengandung bluetooth setelah vaksin, foto: facebook)

Berikut narasi yang disertakan dalam unggahan video tersebut:

“Karena penasaran dengan video beberapa orang mengenai bluetooth yang sudah tertanam di tubuh orang yang sudah menerima jus, maka saya mencobanya sendiri di tempat yang cukup ramai dan hasilnya bisa dilihat di video ini.

Apapun alibi orang yang menerimanya, tak dapat disangkal bahwa tubuh Anda telah memasang sistem yang akan terhubung dengan pusat data dunia.

Tanyakan mengapa aplikasi harus menggunakan lokasi dan mengaktifkan bluetooth? Jika Anda bisa berpikir secara logis, Anda seharusnya mengerti.”

Namun, benarkah tubuh seseorang akan mudah terdeteksi melalui bluetooth jika orang tersebut sudah divaksinasi?

Penjelasan:

Dilansir dari covid.go.id, vaksin tersebut tidak mengandung bahan yang mampu menghubungkan tubuh seseorang dengan perangkat elektronik melalui bluetooth.

Vaksin mengandung setidaknya empat bahan, yaitu antigen, adjuvant, pengawet, dan stabilisator.

Setiap tahapan pengembangan vaksin juga dipantau secara ketat hingga tahapan produksi, izin edar, distribusi, dan pelaksanaan vaksinasi.

Sementara itu, bluetooth adalah teknologi nirkabel yang menggunakan gelombang radio jarak pendek untuk berbagi data antar perangkat dalam area kecil, seperti yang dijelaskan di situs Institute of Physics.

Kode yang ditampilkan dalam unggahan video di Facebook adalah alamat MAC (Media Access Control). Kode 12 karakter yang ditampilkan merupakan hasil identifikasi perangkat keras yang saling terhubung.

Semua perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, konsol game, bahkan mesin cuci dengan WiFi, memiliki pola kode seperti itu.

Kode bluetooth yang terhubung ke perangkat elektronik dalam video tersebut berasal dari perangkat elektronik lain, seperti laptop, komputer, atau ponsel pintar lain di sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *