Turis Datang ke Bali, Seni Barong Hidup Kembali

Selasa, 10 Mei 2022 – 20:24 WIB

Kabargadget – Seniman lokal Bali kini bisa bernafas lega karena pariwisata sudah pulih. Meski belum sepenuhnya normal, turis asing kini mulai menginjakkan kaki lagi di Pulau Dewata.

Kedatangan sekitar 2.000 wisatawan setiap hari juga membawa kebahagiaan bagi para pembudidaya seni lokal seperti tarian tradisional dan tabuh. Salah satunya adalah seniman Tari Barong dan Keris yang berlokasi di Kesiman, Denpasar Timur, Bali.
Sekaa Barong yang tampil di depan turis sejak 1990 sempat hiatus selama dua tahun akibat pandemi.

Selama itu, sekitar 60 orang yang terlibat di dalamnya kehilangan pekerjaan, belum termasuk para pemandu wisata yang biasa mengantar wisatawan ke lokasi.

Tempat pagelaran seni yang terletak di Jalan Waribang ini telah dibuka kembali sejak Minggu 1 Mei 2022 lalu.

Pemilik sanggar, Ida Bagus Raka Pudjana yang ditemui Selasa 10 Mei 2022 mengatakan, saat pertama dibuka pekan lalu, belum banyak wisatawan yang hadir. Diakuinya, minat wisatawan mancanegara atau yang sering disebut bule memang lebih tinggi dibandingkan wisatawan domestik.

Liburan Idul Fitri pagi ini tidak terasa begitu ramai bagi para artis lokal di sana. Namun, sejak dibukanya kembali pertunjukan barong itu, cukup membuat para pekerja di dalamnya senang.

Seni pertunjukan Barong di Bali.

Seni pertunjukan Barong di Bali.

Foto:

  • Kabargadget/Ni Putu Putri Muliantari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *