Trekking Santuy ke Promasan, Desa Tertinggi di Gunung Ungaran

Kamis, 13 Januari 2022 – 15:30 WIB

Kabargadget – Berada pada ketinggian 1436 meter di atas permukaan laut (mdpl), menjadikan Dusun Candi Promasan sebagai pemukiman tertinggi di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Bahkan Promasan, nama populer desa ini, juga merupakan kawasan pemukiman tertinggi di Gunung Ungaran yang meliputi Kendal dan Semarang.

Promasan sering digunakan oleh para pendaki gunung sebagai tempat transit sebelum mendaki ke puncak Gunung Ungaran yang berada pada ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut. Maka tak heran jika setiap Sabtu-Minggu dan hari libur banyak orang datang ke desa ini. Bukan hanya mereka yang mendaki gunung, tapi juga pengendara sepeda yang berjuang melalui jalan berbatu sejauh lima kilometer.

Yang tak kalah seru adalah para aktivis trail running juga trekking, yang berlari atau berjalan melewati hutan dan perkebunan teh untuk mencapai desa Promasan. Tidak hanya sekedar olahraga, tapi juga menikmati indahnya suasana alam Gunung Ungaran dan udaranya yang segar.

Promasan secara administratif terletak di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Untuk menuju Ngesrepbalong, Anda bisa naik mobil atau motor. Atau yang suka “go yoo” dan rela pegal, bisa juga mendongkrak motor, tapi harus hitung-hitung karena tanjakannya ekstrim.

Bagi yang suka lari jejak juga bukan trekking Dengan berjalan kaki, Anda bisa parkir di Ngesrepbalong, tepatnya di dekat pintu masuk kebun teh Medini. Dari situ bisa langsung Mulailah menghentakkan kaki di jalan berbatu atau jalan setapak menuju Promasan.

Budi, mahasiswi salah satu universitas di Semarang ini mengaku punya hobi trekking di berbagai tempat. Menurutnya, jalan trekking ke Promasan adalah salah satu favoritnya. Dia sudah mencoba beberapa kali trekking sini dengan rute yang berbeda.

“Yang arus utama Saya melewati jalan berbatu melalui kebun teh. Namun kini sudah banyak bikers yang memadati Promasan. Untuk trekker, lebih memilih jalan yang tenang. Jadi saya dan teman-teman mencari jalan meskipun harus mendaki bukit. Dan kita mendapatkan bonus panorama alam dari ketinggian yang sangat bagus, yang tidak terlihat jika kita melalui jalur biasa,” ujarnya sambil beristirahat di bawah pohon di atas kebun teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *