Tips Mengatasi Akun Troll di Media Sosial : Kabargadget techno


JAKARTA – Istilah troll atau trolling sering muncul di media sosial. Ini, mengacu pada perilaku seseorang yang dengan sengaja menyebabkan masalah atau konflik dengan memposting komentar yang kontroversial atau menghina.

Dilansir dari laman Kaspersky, Kamis (17/3/2022), akun troll memiliki tujuan untuk membuat marah orang lain atau memprovokasi mereka untuk menggunakan kata-kata kasar.

Mereka banyak ditemukan di berbagai platform internet, mulai dari media sosial, forum, dan chat room lainnya yang ada di dunia maya.

Akun troll itu sendiri muncul karena di internet pengguna bisa menggunakan nama yang mereka inginkan. Mereka dapat menyembunyikan identitas asli mereka atau menjadi anonim dan melarikan diri, dan inilah yang memicu mereka.

Trolling tidak sama dengan menunjukkan penghasilan atau berdebat, karena itu masih merupakan diskusi yang sehat. Akun Troll lebih dari itu, mereka sengaja memprovokasi untuk menimbulkan ketidaknyamanan bagi orang lain.

Agak sulit untuk membedakan mana yang trolling dan mana yang benar-benar ingin berdebat tentang suatu topik. Tapi bukan berarti sama sekali tidak bisa dibedakan.

Berikut tanda-tandanya, menurut Kaspersky:

– Menyimpang dari topik

– Mengabaikan bukti atau fakta

– Menggunakan kata-kata yang cenderung meremehkan

– Posting gambar atau stiker yang tidak berhubungan dengan topik.

Secara umum, jika seseorang tampaknya tidak tertarik pada diskusi yang sehat, mereka akan dengan sengaja memprovokasi. Agar terhindar dari akun troll di media sosial, ada tips yang bisa kamu lakukan, berikut tipsnya:

1. Abaikan mereka

Ada pepatah, ‘jangan beri makan troll.’ Seringkali, troll dimotivasi oleh perhatian dan respons emosional, yang berarti membalas komentar jahat atau ofensif memberi mereka apa yang mereka inginkan.

Mencoba berdebat dengan mereka hanya akan membuat mereka lebih banyak troll. Yang terbaik adalah mengabaikan mereka.

2. Blokir mereka

Sebagian besar platform media sosial saat ini memiliki fitur untuk memblokir pengguna lain. Jika troll mulai mengganggu Anda, segera blokir mereka sebelum menjadi emosional.

3. Laporkan mereka

Tidak hanya fitur pemblokiran, kini media sosial juga memiliki fitur untuk melaporkan pengguna lain. Silakan laporkan mereka yang kasar atau penuh kebencian.

Nanti jika laporan diterima, akun troll akan disuspend oleh platform. Penangguhan dapat bersifat sementara atau permanen.

4. Sesuaikan pengaturan privasi

Atur privasi Anda agar akun Anda hanya dapat dijangkau oleh orang yang Anda kenal, bukan masyarakat umum. Ini bisa dilakukan dengan membatasi siapa yang berkomentar atau membalas postingan atau bisa juga mengunci akun dari orang asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *