Temui Debt Collector Jangan Panik, Perhatikan Hal Ini

Selasa, 21 Juni 2022 – 10:44 WIB

Kabargadget – Penagih utang menjadi sosok yang menakutkan bagi pengendara sepeda motor, yang memiliki masalah kredit macet dalam proses pembayaran angsuran sepeda motor. Pasalnya, debt collector atau mata elang yang akan turun tangan jika terjadi kasus kredit macet untuk menagihnya.

Bahkan, yang terburuk adalah menarik unit dengan paksa dari konsumen. Memang seharusnya debt collector melakukan penarikan unit dengan sopan dan sesuai standar operasional kepada konsumen bermasalah. Parahnya, kini banyak pihak yang mengaku sebagai debt collector dan mencari korban secara asal-asalan.

“Ternyata dalam kondisi saat ini, sekelompok orang yang mengaku sebagai debt collector terseleksi secara acak dan kebetulan,” kata Kepala Divisi Collection Remedial Recovery FIFGORUP, Riadi Masdaya.

“Kalau iseng dan mendapatkan orang yang takut dan lugu, mereka akan langsung menyerahkan motor tersebut,” kata Riadi, dikutip dari 100KPJ.com.

Menurutnya, korban juga akan kesulitan untuk melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib karena tidak ada bukti yang kuat. “Pastinya tidak ada berkas, karena biasanya mereka hanya bermain-main dengan sepeda motor, sehingga akan sulit bagi korban untuk melapor ke kantor polisi atau kantor kami,” ujarnya.

Lalu apa solusinya? Riadi menghimbau kepada konsumen yang bermasalah dengan cicilan kendaraan untuk memperhatikan identitas yang ingin mencairkan unitnya. Karena di FIF Group sendiri ada aturannya.

“Kami pastikan tim visitasi kami akan menginformasikan secara detail permasalahannya, sampai dengan plat motor dan juga berapa lama tunggakannya,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *