Tempat Wisata Buka Di Tengah Larangan Mudik Harus Memiliki Sertifikat

Senin, 3 Mei 2021 – 23:30 WIB

Kabargadget – Di tengah larangan mudik Idul Fitri 2021 untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 meluas, pemerintah pusat diketahui mengizinkan tempat wisata tetap buka selama libur Idul Fitri 2021.

Dengan dibukanya tempat wisata pada saat libur lebaran tahun 2021, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mewajibkan pengelola tempat wisata yang buka pada saat libur lebaran memiliki CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability). sertifikat.

“Pada masa libur Idul Fitri 2021, pemerintah pusat mengeluarkan pedoman bahwa pemerintah pusat akan mengizinkan tempat wisata tetap buka selama liburan Idul Fitri 2021, jika sudah memiliki sertifikat CHSE,” kata Sandi dalam siaran virtual. Press Briefing Mingguan, Senin, 3 Mei 2021.

Lebih lanjut Sandi menjelaskan, keputusan dibuka atau tidaknya tempat wisata masih bergantung pada pemerintah daerah masing-masing dengan melihat jumlah kasus COVID-19.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif harus memastikan tempat wisata harus mengolah CHSE,” jelasnya.

Sandiaga Uno menjelaskan, Kemenparekraf secara intensif berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya untuk melakukan pengawasan tempat wisata untuk menerapkan protokol kesehatan.

Pihaknya pun tak segan-segan merekomendasikan penutupan destinasi yang tidak bisa menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *