Rumah Susun Bayam untuk pekerja penunjang operasional JIS


Ini untuk tempat tinggal pekerja pendukung operasional

Jakarta (Kabargadget) – Badan Usaha Milik Daerah, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) berencana membangun Kampung Susun untuk para pekerja penunjang operasional Jakarta International Stadium (JIS).

“Mengenai perumahan yang akan dibangun nantinya di atas tanah eks Kampung Bayam, judulnya memang tidak kita pisahkan JIS ini, ini untuk perumahan bagi tenaga penunjang operasional yang memenuhi proses seleksi yang dilakukan JIS dan DKI Jakarta. Pemprov,” kata Project Manager JIS dari PT Jakpro Arry Wibowo di Jakarta, Jumat.

Meski menyatakan akan ada proses seleksi pekerja JIS yang dilakukan Pemprov DKI, dia tidak menjelaskan berapa jumlah pekerja yang direkrut untuk mendukung operasional JIS.

“Jadi siapa pun yang memenuhi kriteria untuk bekerja, karena ini stadion yang sangat besar, perlu fasilitas pekerja agar bisa berkolaborasi dalam perawatan, mulai dari petugas dan pekerja cleaning service, keamanan dan lain-lain, semoga bisa ditampung di sana. ” ” dia berkata.

Arry juga mengatakan 640 kepala keluarga (KK) di Kampung Bayam, Papanggo, Tanjung Priok yang terkena proyek JIS telah menerima santunan dan pencairannya telah selesai sejak Agustus 2021.

Baca Juga: Jakpro: Penataan Kampung Kumuh di Sebelah Utara JIS Kewenangan KAI

“Sudah selesai per Agustus 2021,” katanya.

Arry mengatakan, pembayaran dilakukan setelah tim konsultan melakukan pendataan rumah warga secara door to door. Ada berbagai komponen yang menentukan besaran ganti rugi bagi warga.

“Statusnya dimiliki atau disewa, sudah berapa lama tinggal di sana, kontraktor atau penyewa, apa mata pencahariannya, sudah dicatat sehingga komponen pengganti itu satu biaya bongkar mandiri, dua biaya pindahan. untuk mata pencaharian setahun ada empat komponen. Jadi sudah dilakukan perhitungan,” ujarnya.

Proses pengembangan JIS sendiri saat ini berada pada 93,85 persen hingga minggu ke-123 konstruksi pada 7 Januari 2022 dan ditargetkan selesai pada Maret 2022.

Terkait hal itu, Arry mengatakan waktu telah bergeser dari rencana awal pada Desember 2021 akibat pandemi COVID-19 yang sedang menjangkiti seluruh dunia.

Baca Juga: Ini Penyebab JIS Stadium Belum Sertifikasi FIFA

“Jadi bukan ditunda tapi disesuaikan dengan kondisi pandemi dimana terdapat berbagai regulasi di sektor konstruksi. Di tengah situasi COVID-19 yang dihadapi seluruh dunia yang juga mengganggu produksi rangka atap stadion di China, kami mampu mencapai akumulasi 93,8 persen, yang menggembirakan,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pembangunan Kampung Susun Bayam akan selesai pada Maret 2022 dan Kampung Susun akan berlokasi di kawasan Jakarta International Stadium (JIS).

“Ya penataan bayam sudah dimulai Desember 2021 (sampai) Maret 2022. Pemprov ditugasi BUMD JakPro,” kata Riza di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (5/1).

Riza menyampaikan akan dibangun seratus unit rumah dengan total 135 unit dengan harapan kawasan JIS tidak hanya digunakan sebagai stadion dan kegiatan olahraga.

“Ini tidak hanya akan menjadi ikon Jakarta, tetapi ke depan akan menjadi kebanggaan kami memiliki stadion sepak bola kelas internasional dan tidak kalah dengan stadion yang sudah ada di dunia ini,” kata Riza.

Baca juga: Progres Pengerjaan JIS Sudah Capai 93,85 Persen

Reporter: Ricky Prayoga
Edy Sujatmiko
HAK CIPTA © Kabargadget 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *