Penjualan Sepeda Motor di Indonesia Pecahkan Rekor

Jumat, 16 September 2022 – 15:04 WIB

Kabargadget Otomotif – Penjualan sepeda motor di Indonesia mengalami penurunan sejak Mei lalu, jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Kalau biasanya 400 ribu unit, maka untuk dua bulan tahun ini jumlahnya hanya 200 ribu unit.

Salah satu penyebab turunnya distribusi kendaraan bermotor roda dua dari pabrik ke dealer di Tanah Air, yakni karena beberapa model tidak bisa dibeli langsung oleh konsumen. Mereka harus berporos, yang jangka waktunya 1-2 bulan.

Namun, Agustus lalu, jumlah sepeda motor yang dikirim dari pabrik ke dealer mengalami peningkatan signifikan. Bahkan, sejauh ini angka tersebut merupakan yang tertinggi pada 2022. Sebelumnya, pencapaian terbanyak terjadi pada Maret dengan total 450.565 unit.

Data Gabungan Industri Sepeda Motor Indonesia, yang dikutip Jumat, 16 September 2022, menunjukkan pada bulan ke-8 tahun ini ada 524.821 unit kuda besi yang didistribusikan ke dealer.

Jumlah ini meningkat 60 persen, jika dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya 326.452 unit.

Begitu juga dengan sepeda motor buatan lokal yang diekspor ke luar negeri, pada Agustus jumlah tersebut tertinggi sebanyak 75.481 unit, naik 5,6 persen dari bulan sebelumnya.

Jika dilihat dari jenisnya, skutik matik masih mendominasi dengan pangsa pasar 87,53 persen. Hal ini tidak mengherankan, karena desainnya yang menarik dan mudah dikendarai sehingga disukai banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *