Pengaruh Kenaikan Harga BBM terhadap Industri Sepeda Motor di Indonesia

Rabu, 21 September 2022 – 15:00 WIB

Kabargadget Otomotif – Dengan naiknya harga bahan bakar minyak atau BBM tentunya akan berdampak pada industri sepeda motor di Indonesia. Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya, mengomentari hal tersebut.

“Kami melihat kenaikan ini sudah terjadi kurang lebih dua minggu. Sampai saat ini mengenai dampaknya, pasti ada dampaknya. Hanya saja kita akan pantau, itu terkait bagaimana dampaknya terhadap daya beli masyarakat atau konsumen, kata Thomas saat peluncuran Honda CBR250RR terbaru di Karawang, awal pekan ini.

Dengan adanya kenaikan harga BBM tentunya akan mempengaruhi biaya produksi, dimana harga sepeda motor berpotensi mengalami kenaikan di masa yang akan datang. Thomas mengatakan pihaknya akan terus mengkaji dampak kenaikan harga BBM terhadap biaya produksi.

“Mengenai biaya produksi ini masih kita pantau, masih kita kaji seberapa besar dampaknya dan apakah akan stabil, turun, atau naik terkait harga minyak dunia serta salah satu faktor yang kita pantau dan kaji. ,” dia menambahkan.

Lebih lanjut, dia menilai kenaikan harga BBM tidak serta merta meningkatkan penjualan sepeda motor. Sebab, orang pasti akan memiliki kebutuhan primer.

Antrian pengguna kendaraan bermotor untuk mengisi bahan bakar di SPBU Coco Plaju di Keca

Antrian pengguna kendaraan bermotor untuk mengisi bahan bakar di SPBU Coco Plaju di Keca

“Belum tentu (kenaikan harga BBM akan meningkatkan penjualan motor), pasti ada dampaknya. Benar bukan hanya naik, mereka juga memiliki kebutuhan pokok, jika bahan pokok naik pasti akan berdampak, masyarakat prioritas pasti primer dan sekunder,” kata Thomas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *