Pakai aplikasi ini, pengurusan SIM bisa dilakukan dari rumah

Selasa, 17 Mei 2022 – 10:13 WIB

Kabargadget – Surat Izin Mengemudi alias SIM wajib dimiliki dan dibawa oleh setiap pengemudi, baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

Karena menurut UU no. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 86, SIM ada tiga fungsi Fungsi pertama, SIM adalah bukti kompetensi mengemudi.

Kedua SIM tersebut berfungsi sebagai registrasi bagi pengemudi kendaraan bermotor yang berisi informasi identitas pengemudi. Sedangkan fungsi ketiga, data STNK dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penyidikan, penyidikan, dan identifikasi polisi.

Kini, untuk mengurus SIM masyarakat tidak perlu lagi datang ke layanan SIM di Mapolres, karena Korlantas Polri telah menyediakan proses pengurusan SIM baik pembuatan baru maupun perpanjangan digital, melalui layanan “SINAR” ( SIM Nasional Presisi) melalui ponsel masing-masing.

Lokasi pembuatan SIM ada di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

Lokasi pembuatan SIM ada di Satpas SIM Daan Mogot, Jakarta Barat.

dikutip Kabargadget Otomotif dari situs resmi Polri NTMC, Selasa 17 Mei 2022, melalui sistem ini pemohon tidak perlu mengantri dan SIM bisa langsung dikirim ke rumah masing-masing.

Cara pendaftaran SIM online ini dapat diakses dengan terlebih dahulu mengunggah aplikasi “Digital Korlantas Polri” yang dirilis oleh Korlantas Polri dan tersedia di App Store dan Play Store.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *