Nanti Lewati 5 Tol Ini, Bayar Tol Gak Harus Injak Rem

Minggu, 18 September 2022 – 13:35 WIB

Kabargadget Otomotif – Di beberapa negara, pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti hanya untuk membayar di gerbang tol, karena sudah menerapkan sistem transaksi nirsentuh atau cashless. aliran bebas multi jaluralias bayar tol tanpa injak pedal rem.

Di Indonesia, jalan tol berbayar tanpa menginjak rem akan diujicobakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah menyiapkan lima ruas tol yang akan digunakan untuk uji coba pembayaran bayar tol. tanpa kartu atau aliran bebas multi jalur ( MLFF). Sidangnya sendiri dipastikan akan dilakukan pada akhir tahun ini.

Menurut Danang Parikesit, Kepala BPJT, lima ruas tol uji coba bayar tol tanpa sentuh itu akan dipasang gantry dan kamera Automatic Number Plate Recognition (ANPR).

Kelima ruas tol tersebut antara lain Tol Bali Mandara, Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek, Tol Dalam Kota, dan Tol JORR (termasuk Ulujami-Pondok Aren-Serpong).

Ilustrasi jalan tol

Lebih lanjut, Danang menambahkan, kelima ruas tol tersebut mewakili 80 persen dari total lalu lintas jalan tol di Indonesia.

Pembayaran tol tanpa kartu ini akan dilakukan melalui aplikasi Cantas. Selama uji coba, pengguna jalan tol diharapkan dapat mengunduh aplikasi Cantas yang juga akan diluncurkan pada Desember 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *