Mulai Agustus 2022, pengguna mobil ini dilarang membeli Pertalite

Jumat, 17 Juni 2022 – 10:50 WIB

Kabargadget – BBM alias BBM jenis Pertalite dengan RON 90 nantinya akan dibatasi, artinya tidak semua orang di Indonesia bisa membeli Pertalite.

Salah satu pembatasan tersebut adalah pemerintah akan melarang pemilik kendaraan atau mobil mewah membeli Pertalite di SPBU.

Selain mobil mewah, kendaraan milik TNI dan Polri serta perusahaan milik negara juga rencananya akan dilarang membeli Pertalite. Aturan mengenai usulan larangan pembelian Pertalite untuk mobil-mobil ini akan diuji coba mulai Agustus atau September 2022.

“Kami berharap sekitar Agustus-September kami bisa meluncurkan, kita bisa melakukan tes. Kami masih dalam proses menerbitkan peraturan, setelah ditentukan, kami akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Jadi, diharapkan bisa dilakukan pada Agustus dan September,” kata Kepala BPH Migas, Erika Retnowati, dikutip Antara. Kabargadget Otomotif Jumat 17 Juni 2022.

Petugas mengisi kendaraan konsumen dengan bahan bakar jenis Pertalite di SPBU Cikini

Petugas mengisi kendaraan konsumen dengan bahan bakar jenis Pertalite di SPBU Cikini

Foto:

  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Saat ini, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) dan Pertamina sedang menyusun petunjuk teknis terkait kriteria kendaraan yang berhak membeli Pertalite.

Selain itu, juga sedang mengerjakan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Distribusi, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *