Menyebarkan desas-desus tentang Olimpiade Musim Dingin, dua warga Beijing ditangkap


FUZHOU (Kabargadget) – Dua warga Kota Beijing ditangkap polisi setempat setelah menyebarkan desas-desus bahwa kedatangan delegasi Amerika Serikat di Olimpiade Musim Dingin akan mengganggu sistem transportasi massal di ibu kota China itu.

Keduanya sekarang berada dalam tahanan polisi untuk diinterogasi mengenai penyebaran masalah ini, kata polisi Beijing pada hari Jumat.

Panitia Penyelenggara Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 telah membantah desas-desus bahwa kedatangan delegasi AS yang beranggotakan 370 orang yang dijadwalkan tiba melalui Terminal 3 Bandara Internasional Ibu Kota Beijing (BCIA) pada hari Jumat akan menyulitkan penduduk setempat untuk mengakses penerbangan mereka.

Selama Olimpiade, semua atlet dan ofisial yang tiba di Beijing akan ditempatkan dalam sistem area tertutup dan tidak akan melakukan kontak langsung dengan masyarakat umum untuk mencegah penularan baru COVID-19, kata penyelenggara.

Kedatangan dan keberangkatan atlet tidak akan mengganggu jadwal penerbangan komersial, kata panitia di akun resmi Sina Weibo.

Sebelum tiba, pihak maskapai telah melakukan pengecekan suhu tubuh dan riwayat kesehatan seluruh peserta.

Baca Juga: Omicron di China Berkembang, Beijing Dikabarkan Lockdown Saat Olimpiade Musim Dingin

Mereka kemudian akan diuji dengan PCR sebelum diangkut ke fasilitas yang disediakan.

Mereka yang telah menerima vaksin dosis penuh akan ditempatkan dalam sistem area tertutup.

Sedangkan bagi yang belum mendapatkan vaksin secara lengkap akan menjalani karantina selama 21 hari di fasilitas yang disediakan sebelum memasuki sistem closed area.

Direktur Operasi International Olympic Committee (IOC) Pierre Ducrey mengapresiasi sistem closed area sebelum pertandingan digelar karena dinilai sangat aman.

“Saya sangat terkesan dengan penerapan sistem tertutup sebelum kompetisi yang sangat memungkinkan para pemangku kepentingan untuk dapat menjalankan rencana kerja mereka,” katanya seperti dikutip media China.

Baca juga: Atlet Belanda Dikabarkan Dilarang Bawa HP dan Laptop ke China
Baca juga: WHO Sebut Rencana Olimpiade Musim Dingin Beijing Sangat Meyakinkan

Reporter: M. Irfan Ilmie
Anton Santoso
HAK CIPTA © Kabargadget 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *