Meninggalkan MotoGP Suzuki Bisa Menghemat Ratusan Juta Euro

Kamis, 19 Mei 2022 – 10:11 WIB

Kabargadget – Suzuki sudah resmi hengkang dari MotoGP, musim depan. Artinya musim 2021 merupakan musim terakhir Suzuki membalap di MotoGP. Informasi keluarnya Suzuki dari MotoGP cukup mengejutkan, karena Suzuki masih terikat kontrak dengan Dorna Sport hingga 2026.

Faktor ekonomi menjadi kendala bagi Suzuki, untuk terus mengikuti ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut. Menurut perhitungannya, dengan kondisi saat ini Suzuki menganggap tidak mungkin melanjutkan petualangannya di MotoGP, sehingga mereka memutuskan berhenti untuk menghemat uang.

Seperti dikutip Kabargadget Otomotif dari Speedweek, Kamis 19 Mei 2022, Suzuki bisa menghemat jutaan rupiah dalam empat tahun ke depan. Setiap tahun Suzuki bisa menghabiskan 30 hingga 40 juta euro, artinya hingga 2026 Suzuki bisa menghabiskan 200 juta euro.

Padahal pada 2022 saja, Suzuki sudah merogoh kocek 40 juta euro, untuk kebutuhan di MotoGP. Suzuki menilai uang yang dikeluarkan sebanyak 160 juta Euro di MotoGP, selama empat tahun ke depan.

Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins

Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins

Namun Suzuki masih harus bersaing dengan pabrikan lain seperti Yamaha, Honda, Aprilia, KTM dan Ducati. Selain itu, dalam empat tahun ke depan Suzuki belum bisa memastikan diri menjadi juara dunia, sementara biaya gaji pembalap tiap tahun meningkat.

Saat Suzuki hengkang dari MotoGP, dana 160 juta euro itu bisa digunakan Suzuki untuk melakukan riset dan pengembangan, seperti kendaraan ramah lingkungan. Apalagi divisi roda dua Suzuki dalam beberapa tahun terakhir minim inovasi konsep, fitur dan model baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *