Liburan ke Kota Pahlawan, Kenali 10 Oleh-oleh Khas Surabaya

Kabargadget Culinary – Kota Surabaya memiliki wisata dan makanan khas untuk dicoba. Kota Pahlawan ini memiliki makanan khas seperti lontong balap, rujak cingur, nasi rawon, dan masih banyak lagi.

Berwisata di Surabaya bisa membuat Anda lupa waktu, mengingat banyak tempat wisata dan tempat menarik untuk dikunjungi. Namun, jangan sampai heboh saat traveling, jangan lupa membeli oleh-oleh khas Surabaya untuk orang di rumah.

Bingung mau beli apa? Jangan khawatir, Surabaya punya banyak pilihan oleh-oleh khas Surabaya yang menarik. Anda bisa mencari tahu oleh-oleh apa untuk dibawa pulang, berikut ulasan Viva tentang oleh-oleh khas Surabaya yang dilansir dari berbagai sumber.

Keju Almond Crispy

Kue Almond Idul Fitri.

Kue Almond Idul Fitri.

Jika Anda sedang mencari oleh-oleh yang sedang hits, Almond Crispy Cheese adalah jawabannya. Rasanya yang renyah, gurih, dan ringan membuat makanan ini sangat pas untuk menemani suasana hangat bersama keluarga. Seperti namanya, bahan utama produk ini adalah keju dan almond.

Selain rasa keju, oleh-oleh khas Surabaya ini juga memiliki varian rasa lainnya. Beberapa varian seperti Chocolate, Green Tea, Blueberry, Durian, dan Strawberry. Desain kemasannya menarik, memberikan kesan mewah dan berkelas.

Camilan ini bisa Anda temukan di beberapa toko oleh-oleh di Surabaya, dengan harga sekitar Rp. 45 ribu rupiah saja

Suroboyo Suoklat

Semprotan Cokelat Maizena

Jika Anda menyukai makanan manis, oleh-oleh yang cocok adalah Suoklat Surabaya. Oleh-oleh khas ini bisa dibeli di Suoklat Cafe Surabaya. Kafe ini menyediakan berbagai macam coklat, termasuk coklat khas Surabaya. Varian rasa suoclat adalah tiramisu praline, green team mengko, dan strawberry.

Sirup Telasih

Dawet Telasih Bu Dermi

Dawet Telasih Bu Dermi

Foto:

  • Kabargadget.co.id/Adinda Permatasari

Siropen Telasih merupakan salah satu sirup khas Surabaya yang dibuat oleh JC Van Drongelen. Ia adalah orang asli Belanda yang membuat sirup ini pada tahun 1923. Pabrik sirup Siropen menjadi pabrik sirup pertama di Indonesia, tentunya selain itu sirup ini memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Hingga saat ini pembuatan sirup Seropen masih menggunakan energi konvensional. Hanya saja proses memasaknya kini menggunakan gas, setelah sebelumnya menggunakan kayu bakar. Sirup Telasih Seropen ini bisa Anda temukan di pusat oleh-oleh di Surabaya seperti Toko By By Panen Raya.

Abon Daging Sapi Padmasusatro

Polisi tunjukkan produk abon palsu di Surabaya.

Polisi tunjukkan produk abon palsu di Surabaya.

Berbicara tentang kuliner di Surabaya memang tidak akan pernah ada habisnya. Banyak sekali kuliner yang ada di Kota Pahlawan ini, membuat kita ingin membawanya pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

Bagi pecinta benang, Anda bisa memilih Abon Sai Padmosusastro untuk dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Abon ini terdiri dari dua rasa yaitu manis dan pedas

Camilan Bermanfaat

Beli Jajanan Jepang Gak Perlu Jauh-jauh Ke Negeri Sakura

Beli Jajanan Jepang Gak Perlu Jauh-jauh Ke Negeri Sakura

Dilihat dari namanya, jajanan ini cukup unik dan membuat kita penasaran. Jangan khawatir, bukan berarti Jajan Guna-Guna namanya mantra, tapi penganan ini adalah keripik yang terbuat dari singkong dan kentang. Ragam rasa yang dimiliki oleh Guna-Guna Snack sangat cocok dan disukai oleh anak muda. Harga satu paket, dibandrol mulai Rp. 20 ribu rupiah.

Tata Pohon

Ubi jalar.

Pohon tata atau Singkong, merupakan salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang memiliki cita rasa gurih dan lezat. Tidak hanya mencari dan mencari, pohon diolah dengan cara dibakar terlebih dahulu.

Setelah itu, pohon yang sudah di bakar akan diberi parutan keju dan dibungkus dengan cara yang unik dan menarik, dengan warna ungu dan gambar anak kecil di bagian depan kemasan. Umumnya, Treeg Tata sering ditawarkan di berbagai gerai yang dekat dengan tempat wisata.

Kue Lapis Surabaya

Kue lapis

Kue lapis sepertinya mulai menjadi kue yang digemari masyarakat, baik generasi milenial maupun generasi orang tua kita. Kue Lapis Surabaya memiliki rasa yang manis dan lembut.

Sebagian warga lebih suka menyebutnya kue bolu surabaya, namun kue lapis ini lebih lembut dari kue bolu. Kue Lapis Surabaya ini sangat cocok untuk oleh-oleh, dengan berbagai rasa dan topping.

Rambak Daging Sapi

Cabuk Rambak, Makanan Solo

Cabuk Rambak, Makanan Solo

Sapi memang merupakan hewan yang kaya akan manfaat, tidak hanya dagingnya saja tetapi kulitnya juga bisa diolah dan dijadikan makanan ringan. Salah satu olahan kulit sapi adalah kerupuk rambak, jajanan yang digemari semua kalangan.

Kerupuk rambak memiliki rasa yang gurih dan tekstur yang renyah, bahkan setelah dibuka kerupuk rambak daging sapi ini bisa bertahan hingga satu tahun.

Dengan daya tahan yang lama tersebut, tak heran jika Rambak Sapi sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Untuk meningkatkan kerenyahan kerupuk rambak, simpan dalam wadah kedap udara.

Selain dijadikan sebagai camilan, Daging Rambak juga cocok dijadikan sebagai lauk untuk beberapa makanan. Makanan yang cocok seperti sate, bubur, atau makanan yang disajikan dengan nasi hangat.

Udang Belinjo

Keripik Melinjo Kepulauan Selayar

Keripik Melinjo Kepulauan Selayar

Foto:

  • Viva.co.id/Muhammad Yasir

Sebagian orang akan menyebut oleh-oleh khas Surabaya ini dengan nama melinjo, yaitu sejenis tumbuhan yang sering diolah menjadi keripik.

Udang Belinjo atau Blidang tidak memiliki rasa pahit, karena melinjo yang digunakan sudah dicampur dengan udang asli dan bumbu pilihan. Jika umumnya emping memiliki rasa yang pahit, maka Blidang sebenarnya memiliki rasa yang manis.

Selain rasanya yang manis, Blidang juga memiliki rasa lain yang disukai orang. Varian rasa lainnya seperti pedas manis, udang pedas, dan udang balado.

Memiliki cita rasa yang pas dengan lidah orang Indonesia, membuat Udang Belinjo sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh ke kampung halaman Anda. Anda bisa langsung mengunjungi pusat produksinya yang berada di kawasan Bibis Tama Tandes Surabaya.

Kerupuk Ikan Kanjeran

Udang renyah.

Melihat melimpahnya hasil laut dari Pantai Kenjeran, membuat masyarakat memanfaatkannya menjadi karya yang bisa dinikmati bersama. Salah satu hasil kreativitasnya adalah, kerupuk berbahan dasar laut. Jika Anda melewati Pantai Kenjeran, dari kejauhan Anda sudah bisa mencium aroma khas kerupuk ikan ini.

Kerupuk ikan ini bisa menjadi oleh-oleh khas Surabaya yang gurih dan nikmat. Kerupuk ini dijual dalam dua jenis yaitu siap makan dan mentah. Jika Anda ingin memasaknya sendiri, maka membeli kerupuk mentah adalah pilihan terbaik.

Harga ikan kenjeran ini juga cukup murah yaitu hanya berkisar Rp. 15 ribu rupiah. Kerupuk Ikan Kenjeran ini bisa Anda beli di beberapa toko oleh-oleh di Surabaya, atau langsung ke Pantai Kenjeran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *