Lakukan Transformasi Digital, PTPN XI Mulai Penerapan Sertifikat Elektronik di PTPN Group


SURYA.co.id | SURABAYA – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI menandatangani perjanjian kerjasama penggunaan sertifikat elektronik dengan Pusat Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara di Kantor Pusat PTPN XI di Surabaya.

Dengan penandatanganan ini, PTPN XI melanjutkan transformasi digitalnya dengan bermigrasi ke SAP ERP pada tahun 2016 untuk mengimplementasikan aplikasi Nusantara Online System.

“Ke depan dengan konsep paperless, kami berharap untuk keamanan data, dan untuk menjamin keamanan sistem elektronik tersebut, diperlukan layanan keamanan dengan menggunakan Sertifikat Elektronik yang diterbitkan oleh Pusat Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara. PTPN XI merupakan pionir penerapan sertifikat elektronik di lingkungan PTPN Group,” jelas R Tulus Panduwidjaja Direktur PTPN XI, Kamis (25/11/2021).

Hal tersebut didukung oleh Komisaris Utama PTPN XI Osmar Tanjung yang mengatakan bahwa sudah saatnya PTPN XI melakukan transformasi digital di era saat ini dan mengambil langkah-langkah untuk menjamin keamanan sistem elektronik.

“Dewan Komisaris mengapresiasi langkah besar manajemen dalam menjalin kerjasama dengan BSSN,” kata Osmar.

Transformasi digital saat ini bukan lagi pilihan tetapi sudah menjadi kebutuhan perusahaan.

Di sisi lain, penerapan sistem elektronik yang aman di lingkungan PTPN XI dalam mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik juga menjadi prioritas utama. tugas menyelenggarakan pelayanan sertifikasi elektronik, pengelolaan sistem sertifikasi elektronik, dan pemenuhan persyaratan teknis sistem sertifikasi elektronik.

“Kami menyambut baik inisiasi PTPN XI untuk melakukan transformasi digital, artinya kami menyambut baik program BSSN. Kami berharap penerapan sertifikat elektronik ini dapat membantu kinerja PTPN XI dalam transformasi digital,” jelas Christyanto Noviantoro, Kepala Biro Hukum BSSN & Biro Komunikasi Publik.

Efektivitas penerapan sertifikat elektronik tergantung pada kepemimpinan.

Ketika menjadi budaya, akan digunakan secara besar-besaran oleh semua jajaran.

Penandatanganan dilakukan oleh R Tulus Panduwidjaja, Direktur PTPN XI dan Jonathan Gerhard Tarigan, Kepala Pusat Sertifikasi Elektronik BSrE, Rabu (24/11/2021).



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *