KPI Ingatkan Ibu untuk Menemani Anak Saat Menonton Televisi : Kabargadget techno

KOMISARIS Pusat Kelembagaan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Hardly Stefano Pariela mengatakan setiap perempuan atau ibu yang memiliki anak di bawah umur harus didampingi secara khusus saat menonton acara televisi.

Misalnya, anak hanya diberikan dan diperbolehkan hanya menonton siaran televisi yang bagus, dan meninggalkan siaran televisi yang kontennya negatif.

Ibu dan anak

Selain itu, Hardly juga mengingatkan seluruh ibu-ibu di Papua Barat, untuk memahami penggunaan fitur parental lock pada televisi berlangganan.

“Dengan fitur ini, orang tua bisa mengontrol channel mana yang boleh diakses anaknya dan channel mana yang tidak boleh,” ujar Hardly di acara Gerakan Literasi Sejuta Penonton (GLSP) di Sorong, Papua Barat, (17/11/21). .

Namun, ia menyarankan agar orang tua selalu hadir untuk menemani anak-anaknya menonton televisi atau mengakses media lain.

Hampir tidak terasa perlu ditegaskan, karena sebagian besar Papua Barat hanya dilayani oleh penyiar berlangganan atau TV berbayar.

Selanjutnya, era digital yang melingkupi masyarakat dengan berbagai informasi, baik dari media konvensional seperti televisi, radio dan media cetak maupun media baru seperti internet dan media sosial, harus diimbangi dengan kapasitas literasi media yang kuat.

Kapasitas literasi media adalah kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan informasi dalam berbagai bentuk media.

Baca juga: KPI: Literasi Media Perlu Ditingkatkan

Dengan demikian, masyarakat tidak perlu tersesat di belantara informasi, juga tidak terjerumus ke dalam jebakan hoax, ujaran kebencian, ajakan kekerasan, atau konten pornografi yang kerap hadir sebagai residu dari melimpahnya informasi. dia menjelaskan.

(DRM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *