Kemenkop luncurkan portal UKMta.id untuk genjot ekspor UKM


Kami mengajak seluruh UMKM nasional untuk masuk ke portal UMKMta,

Jakarta (Kabargadget) – Kementerian Koperasi dan UKM meluncurkan portal UKMta.id (Stasiun Usaha Kecil Menengah) yang diharapkan mampu mendongkrak target ekspor UKM hingga 17 persen secara nasional pada 2024.

“SMEsta hadir untuk mendukung UKM Indonesia, terutama dalam hal promosi dan perluasan pasar. Meluncurkan (Peluncuran) UKMta diharapkan dapat membuka pangsa pasar baru bagi UKM ekspor,” kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki seperti dikutip dalam keterangan pers, Jakarta, Kamis.

Pada 2024, pihaknya optimistis UKM yang terhubung dengan UKMta bisa mencapai 10.000 UKM. Selain itu, juga diharapkan mampu mendorong target 30 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk masuk ke ekosistem digital.

Saat ini sudah tercapai 16,4 juta, meningkat 25,6 persen UMKM yang masuk ekosistem digital. “Angka ini tumbuh sangat pesat, hampir 105 persen dibandingkan sebelum pandemi yang hanya 8 juta UMKM,” katanya.
Baca juga: Kemendag Dorong Pelaku UMKM Segera Ekspor

Ia menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi ekonomi digital yang sangat besar. Berdasarkan data, disebutkan bahwa transaksi e-commerce naik 54% atau lebih dari 3 juta transaksi per hari.

Selama pandemi COVID-19, tercatat pendapatan perdagangan elektronik mencapai USD 44 miliar atau setara Rp 640 triliun dan diproyeksikan mencapai USD 124 miliar atau setara Rp 1.700 triliun pada tahun 2025.

“(Oleh karena itu), peluncuran UKMta sangat relevan. Kami mengajak seluruh UMKM nasional untuk masuk ke portal UMKMta, memperluas informasi, dan mendorong UMKM untuk sukses di dalam dan luar negeri,” ujar Menko.
Baca juga: Anggota DPR Sebut Pentingnya Meningkatkan Ekspor Produk Unggul Lokal

Hanung Harimba Rachman, Deputi UKM Kementerian Koperasi dan UKM, menjelaskan saat ini 1.521 UKM ekspor dan 9 UKM Mitra Pendukung telah bergabung dalam Portal UKMta.

Kedepannya, Portal UKM Nasional diharapkan dapat diperluas melalui integrasi dengan situs web pengadaan barang dan jasa pemerintah (e-catalog dan pertahanan pengadaan).

“Sekaligus menjadi katalog promosi produk UMK di dalam dan luar negeri, dengan dampak yang lebih luas terutama dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Hanung.
Baca juga: LPEI Berharap Pelaku UMKM Manfaatkan Dasbor Ekspor Nasional

UKMta.id adalah portal UKM Nasional berbasis situs web/katalog digital yang memberikan informasi lengkap tentang program pelatihan UKM, pembiayaan, perluasan pasar, perizinan dan standardisasi.

Kemudian syarat dan kriteria ekspor-impor, intelijen pasar (marketing intelligence), dan peluang bisnis di beberapa negara yang terintegrasi secara regional dengan portal ASEAN Access (portal online pertama UKM ASEAN yang berfungsi untuk mengakses informasi tentang perdagangan dan akses pasar di ASEAN).

Portal UKMta.id merupakan hasil kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM dengan Kedutaan Besar Jerman melalui ASEAN UKM GIZ (Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH), dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin).

GIZ dalam hal ini adalah lembaga non profit pemerintah Jerman yang bermitra dengan 130 negara di dunia dalam membantu pembangunan ekonomi.

Baca juga: Teten: Perlu Infrastruktur Logistik Terpadu untuk Dorong Ekspor

Wartawan: M Baqir Idrus Alatas
M Razi Rahman
HAK CIPTA © Kabargadget 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *