Kelebihan Android Dibanding iPhone

AKURAT.CO, Perdebatan antara keunggulan Android dan iPhone seperti perbincangan yang tak pernah usai. Keduanya bersaing dengan cekatan dalam meningkatkan performanya.

Anda bisa melihat ukurannya celah antara teknologi lima tahun lalu dan sekarang, baik dari segi tampilan, kecepatan, dan fitur tambahan lainnya.

iPhone memang pilihan yang tepat jika Anda suka telepon selular dengan model sederhana. Berbeda dengan Android yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dan mengupgradeupgrade perangkat melebihi fitur yang telah disediakan.

Baca juga:

Android adalah sistem operasi mobile berbasis linux yang digunakan untuk menjalankan berbagai macam perangkat elektronik khususnya smartphone, tablet dan TV. Sistem operasi ini dirilis pada tahun 2007, namun ponsel berbasis Android baru dipasarkan satu tahun kemudian.

Keunggulan Android Dibandingkan iPhone - Foto 1
Ilustrasi Android

Mengutip Britannica, sejarah Android dimulai pada tahun 2003. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Android Inc., membuat proyek pengembangan sistem operasi untuk kamera digital.

Pada tahun 2004, proyek beralih tujuan untuk mengembangkan sistem operasi untuk smartphone.

Android Inc. kemudian dibeli oleh Google pada tahun 2005. Di Google, tim Android memutuskan untuk mendasarkan proyek mereka pada Linux, sebuah sistem operasi sumber terbuka untuk komputer pribadi.

Sebagian besar perangkat Android terhubung secara otomatis dengan berbagai aplikasi Google, mulai dari Gmail, Google Chrome, Google Maps, hingga YouTube. Hal ini tentunya memudahkan pengguna untuk mengakses informasi secara cepat dan tepat.

Kelebihan Android Dibanding iPhone

Android atau iPhone? Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Terserah pengguna untuk memutuskan sistem operasi mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain aspek kuantitas perangkat atau keragaman, sebenarnya ada keunggulan lain dari perangkat Android yang tidak bisa dilakukan oleh iPhone. Apa yang kamu lakukan? Lihat di bawah ini!

1. Instal aplikasi tambahan

Di Android, pengguna dapat mengunduh atau menginstal aplikasi di luar yang disediakan di playstore. Inilah keunggulan Android yang paling sering diperbincangkan. Pengguna iPhone hanya dapat mengunduh aplikasi yang tersedia di toko aplikasiaplikasi pihak ketiga tidak memiliki akses.

Tak hanya aplikasi, pengguna Android juga bisa mengunduh lagu, video, dan media lainnya dengan mudah tanpa dibatasi. Jika di iPhone, pengguna hanya bisa mengunduh media melalui platform atau media sosial terverifikasi. Beberapa unduhan di iPhone juga disediakan berbayar, berbeda dengan Android yang bisa diunduh gratis.

Mengingat kemudahan aksesibilitas, keunggulan Android disertai dengan risiko virus masuk ke perangkat. Berbeda dengan iPhone yang telah memverifikasi sumber atau tempat download, sehingga pengguna tidak perlu khawatir dengan virus.

2. SplitView

Keunggulan Android selanjutnya adalah mampu membuka dua aplikasi secara bersamaan. Ini berguna bagi Anda yang super sibuk dan membutuhkan fitur multitasking. Salah satu contohnya adalah menulis catatan dengan membuka aplikasi catatan ketika menjelajah dalam aplikasi lain.

Meski dianggap boros baterai, fitur ini sangat bermanfaat. Di iPhone, saat kita keluar dari aplikasi, aplikasi akan berhenti sendiri. Berbeda dengan Android yang aplikasinya selalu dalam keadaan kerja.

3. Perluasan smarah

Jika kita membeli iPhone, maka kita juga memilih seberapa besar penyimpanan atau kapasitas memori perangkat itu. Meski bisa membeli penyimpanan tambahan dengan berlangganan iCloud, Android tetap unggul dari segi biaya.

Android juga didukung oleh memori internal, sama seperti iPhone, bedanya Android juga menyediakan memori eksternal berupa kartu memori dengan berbagai kapasitas.

Kartu memori ini juga lebih fleksibel saat kita ingin memindahkan atau menggantinya perangkat. Dengan hanya mengeluarkan kartu memori dari satu perangkat ke perangkat Jika tidak, isi kartu memori juga akan berpindah.

Keunggulan lain dari Android adalah kartu memori ini juga bisa digunakan tidak hanya di telepon selulartetapi juga di kamera.

4. Kabelcpengisi daya lebih universal

Keunggulan Android juga terlihat dari penggunaan kabel pengisi daya. Pengguna Android dapat dengan mudah meminjam kabel pengisi daya lain meskipun berbeda merek dengan perangkat digunakan.

Misalnya kapan telepon selular Samsung dapat menggunakan kabel pengisi daya OPPO. Berbeda dengan iPhone yang hanya bisa menggunakan kabel antar iPhone.

5. Pilihan personalisasi yang lebih beragam

Pengguna Android dapat memodifikasi tampilan atau personalisasi perangkat mereka dengan berbagai pilihan. Ada pilihan font, penampilan widgetdan tema yang dapat diunduh di browser.

Pengguna iPhone hanya bisa mengatur sesuai dengan fitur yang disediakan oleh iOS.

6. Spare part lebih murah

Pengguna Android bisa tersenyum lebar karena suku cadangnya terhitung lebih murah.

Jika perangkat Anda rusak atau bermasalah, biaya servis yang dibayarkan bisa lebih murah dibandingkan sparepart iPhone. Dari segi aksesoris, suku cadang iPhone dijual dengan harga lebih mahal dan sulit didapat. Seperti layar LCD, pengisi daya, dll.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *