Jusuf Kalla: 11 Konflik Besar Indonesia Terjadi Karena Ketidakadilan


Jakarta (Kabargadget) – Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla mengatakan 11 dari 15 konflik besar yang terjadi di Indonesia dan merenggut ribuan nyawa disebabkan oleh ketidakadilan.

“Dari pengalaman kami sebagai bangsa selama 77 tahun, kami memahami bahwa setidaknya ada 15 konflik besar yang melanda negara ini yang telah menewaskan seribu orang. Dari 15 konflik itu, 11 disebabkan oleh ketidakadilan, yaitu konflik sosial. , ketidakadilan politik dan ekonomi,” kata Jusuf Kalla.

Hal itu disampaikannya saat menjadi narasumber dalam diskusi Ruang Twitter Forum Ekonomi Politik Didik J Rachbini bertajuk “Cak Nur, Pancasila dan Indonesia yang Adil”, dipantau dari Jakarta, Jumat.

Baca juga: Jusuf Kalla Ajak DMI Kepri untuk Mensejahterakan Masyarakat Sekitar Masjid

Jusuf Kalla mengatakan salah satu contoh dari 11 konflik besar akibat ketidakadilan adalah konflik di Aceh.

Konflik di Aceh, kata dia, terjadi karena munculnya rasa ketidakadilan ekonomi di kalangan masyarakat.

“Aceh merupakan salah satu daerah yang memiliki sumber daya alam yang melimpah, namun kekayaan tersebut belum mampu memberikan kesejahteraan ekonomi secara merata kepada masyarakatnya,” kata Jusuf Kalla.

Baca juga: Jusuf Kalla Ajak Warga Jaga Alam dan Jangan Bakar Hutan

Karena itu, Jusuf Kalla memandang persoalan ketidakadilan di tanah air perlu segera diselesaikan.

Ditambahkannya, dalam Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, kata adil terkandung dalam dua sila, yaitu sila kedua dan kelima yang berbunyi “kemanusiaan yang adil dan beradab” dan “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”.

Dengan demikian, menurut dia, kedua sila tersebut memberikan nuansa bahwa keadilan merupakan upaya yang harus diperjuangkan oleh seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai kemajuan.

Baca juga: Jusuf Kalla Lantik Kepengurusan PMI NTB Periode 2021-2026

“Meskipun adil dan progresif, tidak mudah untuk diterapkan, tetapi harus dilakukan,” kata Jusuf Kalla.

Dalam diskusi yang juga merupakan rangkaian Dies ke-24 Universitas Paramadina itu, Jusuf Kalla mengatakan upaya mewujudkan keadilan dan kemajuan perlu didukung oleh pengelolaan pemerintahan yang baik dan pembenahan di bidang ekonomi dan sosial.

“Bidang ekonomi dan sosial dapat meningkatkan kesejahteraan sehingga tercapai keadilan,” kata Jusuf Kalla.

Reporter: Tri Meilani Ameliya
Redaktur: Herry Soebanto
HAK CIPTA © Kabargadget 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *