Ini jenis pelanggaran mobil yang sering kena tilang

Kamis, 23 Juni 2022 – 10:40 WIB

Kabargadget – Tilang adalah istilah yang digunakan polisi untuk menindak pelanggar lalu lintas, baik mobil maupun motor. Saat ini di Indonesia sistem ticketing sudah diterapkan menggunakan kamera E-TLE berbasis teknologi canggih.

Diketahui Polri melaksanakan Operasi Patuh Jaya 2022 hingga 26 Juni. Dalam operasi tersebut, mereka akan melakukan berbagai razia lalu lintas di jalan raya, khususnya di ibu kota.

Hanya sembilan hari pelaksanaan, 21.475 kendaraan melanggar aturan lalu lintas dan ditindak oleh petugas. Angka ini berdasarkan data pelanggaran yang tercatat di Polda Metro Jaya.

Operasi Taat Jaya

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Jamal Alam menjelaskan secara rinci, sebanyak 19.566 pengendara motor ditindak dengan teguran oleh petugas di lapangan. Sementara itu, sekitar 1.909 pengendara lain yang melanggar didenda secara elektronik menggunakan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“Untuk rincian penuntutan, 1.909 tiket ditilang menggunakan ELTE. Ada 19.566 teguran oleh petugas,” kata Jamal, dikutip Kabargadget Otomotif dari Korlantas Polri, Kamis, 23 Juni 2022.

Lebih lanjut Jamal menginformasikan bahwa sebagian besar pelanggan adalah pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Selain itu, ada juga yang masih menggunakan telepon selular ketika mengemudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *