Indonesia Memiliki Fasilitas Riset Teknologi Ketenagalistrikan

Jumat, 20 Mei 2022 – 10:04 WIB

Kabargadget – Indonesia memasuki momentum transisi menuju transportasi rendah emisi yang lebih ramah lingkungan. Hal ini terlihat dari mulai banyak produsen otomotif yang menawarkan mobil dan motor listrik yang digerakkan dengan tenaga setrum.

Percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu hingga hilir juga terus dilakukan. Tujuannya agar Indonesia menjadi produsen kendaraan listrik berdaya saing global.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk mewujudkannya. Mulai dari sinergi antar pemangku kepentingan, hingga penyediaan infrastruktur yang dibutuhkan.

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia bahkan telah mendirikan fasilitas baru yang diberi nama xEV Center dan berlokasi di pabrik TMMIN Karawang 3.

Kehadiran xEV Center bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mewujudkan lingkungan yang lebih hijau melalui hadirnya berbagai teknologi elektrifikasi di Indonesia.

Diprediksi tempat ini juga akan menjadi sarana pendidikan yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh masyarakat, baik pemerintah, akademisi, siswa sekolah, maupun masyarakat umum.

“XEV Center akan menjadi Learning, Capabilities and Research Facility untuk Elektrifikasi, Green Energy, dan Mobility Technologies, untuk memperdalam pemahaman tentang teknologi dan ekosistem industri otomotif di masa depan,” kata Director of Corporate Affairs TMMIN, Bob Azam dalam sebuah pernyataan resmi, dikutip TMMIN. Kabargadget Otomotif Jumat 20 Mei 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *