Hingga Menelan Korban, Inilah 4 Wahana Paling Ekstrem di Dunia

Selasa, 21 Juni 2022 – 08:00 WIB

Kabargadget – Menikmati berbagai wahana di taman hiburan adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Di sana, pengunjung bisa melepas penat dari kehidupan sehari-hari sekaligus memacu adrenalin, jika Anda menaiki wahana yang penuh tantangan seperti roller coaster.

Bagi pecinta tantangan, mereka akan sangat senang menikmati wahana melawan gravitasi. Apalagi wahana harus didesain sedemikian rupa agar sesuai dengan standar yang ada sehingga aman untuk dikendarai.

Namun di sisi lain, kecelakaan terkadang tak terhindarkan. Sejumlah pemeriksaan dan keamanan tidak dapat mencegah kerusakan dalam sepersekian detik. Beberapa wahana ekstrim mengalami kerusakan yang mengakibatkan cedera serius bahkan kematian. Dilansir Kabargadget dari listverse.com, berikut 4 wahana paling ekstrim dan berbahaya di dunia.

Ruang Misi, Dunia Disney Florida

Ruang Misi

Wahana ini diklaim sebagai simulator luar angkasa paling intens yang bisa diakses publik. Terhubung ke sentrifugal yang mirip dengan yang digunakan oleh peserta pelatihan NASA, penumpang pesawat ruang angkasa akan dibawa berkeliling dengan kecepatan yang sama dengan yang dialami oleh astronot.

Kecepatan tinggi dari wahana Mission Space membuat beberapa pengunjung jatuh pingsan, mengalami nyeri dada, dan menderita detak jantung yang tidak teratur. Antara 2005 dan 2006, tercatat 200 cedera dari Mission Space. Puncak kengerian wahana ini adalah ketika seorang anak laki-laki menderita gagal jantung dan seorang wanita berusia 49 tahun awalnya ‘hanya’ mengalami mual dan muntah namun meninggal setelah dilarikan ke rumah sakit akibat pendarahan otak.

Batman: The Ride, Georgia

Batman: Perjalanan

Roller coaster ini tidak diciptakan untuk orang yang lemah hati. Pasalnya, kecepatan Batman: The Ride mencapai 80km/jam dengan ketinggian hingga 108 kaki atau setara dengan 32 meter. Tidak hanya itu, roller coaster The Ride terdiri dari tikungan tajam dan mundur. Wahana ini begitu ekstrim hingga kepala seorang karyawan terjepit oleh pengunjung berusia 14 tahun yang meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Fujin Raijin II, Expoland, Suita, Jepang

kecelakaan di Fujin Raijin II, Expoland, Suita, Jepang

kecelakaan di Fujin Raijin II, Expoland, Suita, Jepang

Sudah beroperasi lebih dari 10 tahun, wahana ini selalu berjalan normal hingga tanggal 5 Mei 2007, bertepatan dengan Hari Anak di Jepang. Dengan kecepatan 75km/jam, salah satu as di perjalanan patah menyebabkan salah satu kereta meluncur ke samping, menyebabkan seorang wanita tewas ketika menabrak pagar pembatas. Kecelakaan itu menyebabkan 18 penumpang lainnya terluka.

Seluncuran Air Verrückt, Schlitterbahn, Kansas City

Seluncuran Air Verrückt

Nama wahana ini diambil dari bahasa Jerman, verrückt, yang artinya gila. Dibuka pada Juli 2014, seluncuran tersebut merupakan yang tertinggi saat itu dengan ketinggian 168 kaki atau 51 meter. Sebenarnya keamanan perosotan ini sudah diragukan sejak awal pengujian karena rakit yang digunakan untuk meluncur dilempar ke udara dengan kecepatan 70km/jam. Tetapi manajer memilih untuk tetap membuka wahana. Akibatnya, pada tahun 2016 slide ini menewaskan seorang anak laki-laki bernama Caleb Schwab. Kronologi jatuhnya Caleb saat meluncur, kecepatannya membuat rakit yang ditungganginya melayang di udara sementara tubuhnya membentur tiang besi hingga kepalanya terpenggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *