Fenomena Astronomi yang Terjadi di Minggu Terakhir November 2021 : Kabargadget techno

PADA Pada akhir November 2021, beberapa fenomena astronomi akan terjadi.

Menurut catatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), setidaknya ada lima fenomena astronomi yang akan terjadi pada pekan keempat bulan ini, mulai 24-30 November.

Apa pun? Dikutip dari Instagram dan laman resmi LAPAN, berikut fenomena astronomi yang akan terjadi di pekan terakhir November 2021.

bulan

1. Konjungsi Bulan-Pollux

Pollux adalah bintang utama di konstelasi Gemini. Bintang ini bersamaan dengan Bulan, dengan puncaknya terjadi pada 24 November 2021 pukul 10:22 WIB.

2. Fase Akhir Bulan Baru

Fase late nemesis adalah salah satu fase Bulan ketika konfigurasi antara Matahari, Bumi dan Bulan membentuk sudut siku-siku dan terjadi setelah fase Bulan purnama. Fenomena ini akan terjadi pada 27 November 2021 pukul 19:27 WIB.

3. Puncak Hujan Meteor Orionid November

Hujan meteor ini aktif pada 14 November hingga 6 Desember dan intensitas maksimumnya terjadi pada 28 November pukul 22:30.

4. Konjungsi Unggul Merkurius

Konjungsi superior ini menandai perubahan penampakan Merkurius dari fajar hingga senja. Fenomena ini terjadi pada 29 November pukul 12:05 WIB.

Baca juga: 8 Fenomena Astronomi yang Terjadi di Minggu Pertama November

5. Nadir Ka’bah

Nadir Ka’bah adalah fenomena astronomi ketika Matahari berada tepat di titik nadir (titik terendah) pada tengah malam bagi pengamat yang berada di Ka’bah. Fenomena ini terjadi pada 29 November pukul 00:09 waktu Arab Saudi atau 06:09 WIT).

(DRM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *