Fakta Mengejutkan Penjualan Mobil Mei 2022

Rabu, 15 Juni 2022 – 10:44 WIB

Kabargadget – Pasar otomotif nasional tahun ini mulai menunjukkan angka positif, setelah dua tahun dilanda badai pandemi yang menyebabkan penurunan lebih dari 40 persen.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, dikutip Kabargadget Otomotif, Rabu 15 Juni 2022, menunjukkan angka penjualan mobil pada kuartal I tahun ini hampir menyamai capaian sebelum pandemi.

Namun, ada yang berbeda pada Mei lalu, di mana jumlah kendaraan bermotor roda empat atau lebih yang diserahkan ke konsumen turun 24 persen. Yakni, dari April sebanyak 81.615 unit, menjadi 61.558 unit di bulan berikutnya.

Begitu juga dengan distribusi kendaraan dari pabrik ke dealer, dimana pada April sebanyak 82.879 unit. Namun pada bulan berikutnya, jumlah yang dikirim turun 40 persen menjadi 49.453 unit.

Ilustrasi pameran mobil.

Pencapaian di bulan Mei ini merupakan yang terendah, jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya di tahun ini. Ini berlaku baik untuk pengiriman ke dealer maupun ke konsumen.

Posisi pertama merek mobil terlaris Mei tahun ini masih dipegang Toyota yang berhasil menjual 18 ribu unit ke konsumen. Disusul Daihatsu 11 ribu unit, lalu Honda menggeser Mitsubishi di posisi ketiga dengan tujuh ribu unit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *