Daftar Pemotongan Pajak Kendaraan Mei 2022

Jumat, 6 Mei 2022 – 10:04 WIB

Kabargadget – Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor merupakan program yang diadakan oleh masing-masing pemerintah daerah, dengan jadwal yang berbeda-beda. Tujuannya agar pemilik mobil dan motor bisa melunasi kewajibannya yang tertunda, tanpa harus didenda.

Mereka juga terkadang mendapatkan potongan biaya atau potongan harga yang besarnya tergantung kebijakan masing-masing kepala daerah. Dari pencarian Kabargadget Otomotif Dalam berbagai sumber, 6 Mei 2022, ada enam daerah yang bulan ini memberlakukan keringanan pajak. Berikut daftarnya:

1. Sumatera Barat
Pemprov Sumbar menggelar pemutihan pajak kendaraan hingga 15 Juni. Program ini berisi penghapusan denda pajak kendaraan bermotor atau PKB, serta denda serah terima kendaraan bermotor alias BBNKB untuk unit kedua.

Pemilik kendaraan bermotor yang ingin melakukan mutasi baik lokal maupun dari luar daerah juga dibebaskan dari kewajiban membayar BBNKB. Penghapusan denda juga berlaku untuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ.

Ilustrasi STNK.

2. Bali
Pemprov Bali menggelar keringanan pajak kendaraan mulai 4 April hingga 31 Agustus berupa pembebasan bunga dan denda keterlambatan pembayaran PKB dan BBNKB II.

Kemudian, ada BBNKB gratis untuk kendaraan kedua yang berlaku hingga 3 Juni mendatang. Hal ini berlaku untuk mutasi lokal, maupun yang masuk dari luar daerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *