Cara Daftar BPNT On-line 2022 Lewat Aplikasi Cek Bansos untuk Dapatkan Kartu Sembako Rp600 Ribu

Bantuan sosial (bansos) reguler Kementerian Sosial (Kemensos) yakni Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/Kartu Sembako dengan complete Rp600.000 dilanjutkan pada 2022.Jika ingin mendapatkan BPNT/Kartu Sembako 2022 Rp600.000, masyarakat bisa langsung daftar dengan mudah secara on-line sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di DTKS Kemensos.

Tahapan daftar DTKS Kemensos agar bisa memperoleh BPNT/Kartu Sembako 2022 Rp600.000 dapat dilakukan secara on-line lewat aplikasi Cek Bansos dengan cara mengusulkan diri.Sementara untuk pendaftaran DTKS Kemensos secara offline, masyarakat dapat datang langsung ke RT/RW atau kelurahan/desa setempat.

Saat ingin melakukan pendaftaran DTKS Kemensos, jangan lupa membawa identitas diri yaitu Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).Lantas bagaimana cara daftar DTKS Kemensos secara on-line lewat aplikasi Cek Bansos agar bisa mendapatkan BPNT/Kartu Sembako Rp600.000?

Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui tahapan cara daftar BPNT/Kartu Sembako 2022 dengan complete Rp600.000 secara on-line.BPNT/Kartu Sembako 2022 nantinya akan diberikan kepada masyarakat kurang mampu sebesar Rp200.000 selama tiga bulan sehingga totalnya Rp600.000.

Sebelum daftar DTKS Kemensos agar bisa mendapatkan BPNT/Kartu Sembako, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan di bawah ini:

1. Warga Negara Indonesia (WNI);
2. Termasuk dalam kelompok keluarga miskin/rentan miskin;
3. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, dan Polri;
4. Warga terdampak Covid-19 atau warga yang kehilangan mata pencaharian karena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Sebelumnya, Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan masyarakat miskin dan rentan tetap menjadi fokus perhatian Kemensos untuk menerima bansos seperti BPNT/Kartu Sembako.Mensos mempersilakan masyarakat melaporkan diri ke perangkat pemerintah daerah terkait, seperti dinas sosial, kelurahan/desa, atau RT/RW bila merasa layak mendapatkan bantuan.

Selain itu, masyarakat bisa memanfaatkan fitur “usul” pada aplikasi Cek Bansos. Dengan fitur tersebut, masyarakat bisa mendaftarkan diri untuk dipertimbangkan kelayakannya menerima bansos BPNT/Kartu Sembako.

See also  Butuh Uang? Instal Saja Aplikasi Survey Penghasil Uang

Berikut ini tahapan cara daftar bansos BPNT/Kartu Sembako Rp600.000 secara on-line lewat aplikasi Cek Bansos:

1. Masyarakat unduh aplikasi Cek Bansos melalui Play Retailer;
2. Pastikan yang diunduh adalah aplikasi resmi Kemensos;
3. Siapkan Nomor Kartu Keluarga (KK), dan NIK KTP;
4. Jika belum memiliki akun, lakukan registrasi;
5. Setelah berhasil registrasi, Anda pun kini dapat mengkses menu pada aplikasi Cek Bansos;
6. Pilih menu daftar usulan untuk mendaftarkan diri di DTKS Kemensos;
7. Pilih “tambah usulan”;
8. Pemilik akun bisa mendaftarkan dirinya, keluarga atau masyarakat lain atau fakir miskin lain secara langsung pada tombol tambah usulan;
9. Knowledge yang berhasil diusulkan akan memuat nama, NIK dan standing kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul KK.

Demikian cara daftar DTKS Kemensos secara on-line untuk mendapatkan bansos BPNT/Kartu Sembako 2022 sebesar Rp600.000.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *