BMKG: Sebagian besar wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat


Jakarta (Kabargadget) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah besar wilayah di Indonesia akan mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kabargadget dari situs resmi BMKG di Jakarta, Jumat, cuaca diprediksi terjadi di Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Cuaca serupa juga berpotensi melanda Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca juga: BMKG Minta Waspadai Badai Petir dan Angin kencang di Jakarta Selatan dan Barat

Baca juga: Kota Kupang Masuk Daftar Siaga Akibat Hujan Deras

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan disertai petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta dan Kalimantan Selatan. Sementara itu, Sulawesi Barat diprakirakan akan mengalami angin kencang.

BMKG juga memperingatkan gelombang tinggi 2,5-4 meter di Laut Natuna Utara, Laut Jawa Timur, Selat Makassar Selatan dan Utara, Laut Sulawesi Timur, dan Laut Banda.

BMKG menghimbau kepada sektor pelayaran untuk memperhatikan peringatan gelombang tinggi dalam mengutamakan keselamatan pelayaran.

Masyarakat yang tinggal dan bekerja di pesisir pantai di sekitar kawasan yang rawan gelombang tinggi juga dihimbau untuk tetap waspada.

Baca juga: BMKG Sebut Tiga Faktor Kerusakan Bangunan Akibat Gempa Banten

Wartawan: Martha Herlinawati Simanjuntak
Budhi Santoso
HAK CIPTA © Kabargadget 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *