Biar Cerah, Begini Cara Merawat Mobil Putih

AKURAT.CO Mobil dengan warna putih menjadi salah satu pilihan warna yang banyak dipilih oleh para konsultan. Tak sedikit yang beranggapan bahwa warna putih terlihat lebih elegan dan sporty.

Selain itu, mobil dengan warna putih juga dinilai mampu membuat lampu depan mobil lebih jernih karena memantulkan cahaya.

Meski begitu, mobil berwarna putih ini dinilai lebih sensitif dibandingkan warna lainnya.

baca juga:

Sebab, jika tidak dirawat dengan baik, warna mobil berpotensi berubah kusam menjadi kuning.

Untuk mencegah hal ini terjadi pada mobil putih Anda, Anda perlu membersihkan dan merawatnya secara rutin.

Untuk lebih jelasnya dirangkum dari sumber berikut, cara merawat mobil putih agar lebih awet dan tidak mudah kusam.

Untuk merawat mobil berwarna putih agar tidak kusam tentunya dengan cara membersihkannya secara rutin. Cuci mobil putih secara rutin agar debu dan kotoran tidak menumpuk di dalam mobil. Disarankan agar Anda mencuci mobil putih Anda sekali atau dua kali seminggu.

  • Cuci mobil dengan teknik yang benar

Cara mencuci mobil putih yang benar adalah dengan membilas bagian yang terkena sabun atau sampo khusus sebelum pindah ke bagian mobil lainnya. Di sini, saat membilas, Anda harus melakukannya dalam satu arah. Selain itu, bilas permukaan bodi mobil secara berkala dari atas ke bawah.

Hal ini dilakukan agar tidak ada kotoran yang tertinggal dan menempel serta untuk menghindari noda dari sabun atau sampo yang mengering.

Setelah dibilas, lap juga bagian mobil yang masih basah dengan kain kering yang sangat menyerap. Hindari menjemurnya di bawah sinar matahari langsung.

  • Cuci dengan sabun cuci mobil atau sampo khusus

Sebaiknya, jangan memilih sabun atau sampo untuk mencuci mobil putih. Gunakan sabun atau sampo khusus untuk mencuci mobil ini. Karena penggunaan sabun atau sampo yang tidak sesuai, berpotensi merusak warna cat mobil.

  • Hindari memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung

Cara merawat mobil putih yaitu dengan tidak parkir di bawah sinar matahari langsung. Pasalnya, mobil yang sering terkena sinar UV dari matahari bisa membuat warna putih mobil mudah menguning. Oleh karena itu, ketika akan memarkir mobil, sebaiknya parkir di tempat yang teduh. Misalnya, ruang bawah tanah gedung.

Jika Anda tidak menemukan tempat parkir yang teduh karena ramai, Anda juga bisa parkir di bawah pohon yang rindang. Meski sinar matahari bisa menembus celah-celah di dedaunan pohon, yang terpenting mobil putih itu tidak terkena cahaya secara langsung.

Dengan memoles, dapat mempertahankan warna putih mobil. Selain itu, pemolesan juga dapat menghilangkan jamur yang menempel pada bodi mobil. Untuk melakukan pemolesan, bisa dilakukan di bengkel resmi terdekat.

Selain di bengkel resmi, Anda juga bisa melakukan pemolesan sendiri di rumah. Caranya adalah dengan mengolesi seluruh body mobil dengan super compound yang berfungsi untuk menghilangkan goresan pada body. Kemudian, cuci mobil secara menyeluruh menggunakan sabun dan air untuk menghilangkan bekas oli.

Setelah itu, tempelkan cairan premium carnauba ceramic yang bisa membuat mobil mengkilat. Gosok secara merata menggunakan kain lembut yang bertujuan untuk menghindari goresan pada body mobil.

Jika ingin melakukan perawatan, bisa dilakukan di salon mobil. Cara ini mirip dengan poles, namun perawatannya lebih efektif menghilangkan warna kuning pada body mobil. Perawatan sendiri bisa dilakukan pada eksterior, interior, hingga mesin mobil.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *