Beberapa anggota PPS KPU Magetan 2024 pingsan saat upacara pelantikan


Berita Magetan

SURYA.co.id, MAGETAN – Sejumlah anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 tiba-tiba pingsan saat upacara Pengukuhan dan Pengucapan Janji yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Magetan.

Bertempat di Gor Ki Mageti, Selasa (24/1/2023), petugas langsung membawa peserta yang pingsan tersebut ke sebuah ruangan untuk memberikan pertolongan pertama.

Kegiatan tersebut dihadiri Forkopimda Magetan, dan Sekretaris KPU Provinsi Jatim Nanik Karsini didampingi para komisioner.

Ketua KPU Magetan Fahrudin mengatakan, terkait anggota PPS yang pingsan, secara prosedur pihaknya sudah melihat identitasnya melalui surat keterangan sehat.

Karena itu, ia berpesan agar tetap sehat dan tidak makan terlalu larut.

“Yang dilantik ada 705 orang, dari total daftar 2633 orang. Jumlah itu dinyatakan lulus setelah mengikuti seleksi yang ketat, mulai dari tes tertulis hingga tes wawancara. Setiap desa ada 3 orang,” jelasnya.

Menurutnya, rekrutmen PPS yang terbuka diikuti oleh berbagai kalangan, mulai dari PNS, perangkat desa, swasta, masyarakat umum, hingga generasi milenial, karena dituntut melek IT, karena lolos tes komputer.

“Mereka mulai bekerja dari sekarang, tahap orientasi tugas besok di 5 dapil, pada pendaftaran Pantarlih ke-26 atau Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), orang yang akan mendata coklit sampai tanggal 6,” jelasnya.

Ia berharap setelah dilantik, anggota PPS cepat bekerja karena tahapan pemilu 2024 sudah dimulai.

“Proses PAW kan ada mekanismenya, ada beberapa kriteria yaitu mengundurkan diri, meninggal dunia, dan tidak mampu. Prosesnya sudah diantisipasi dengan 6 caleg tutup. Kalau ada PPS yang meninggal, atau sakit, ada jaminan yang sudah diatur dalam PKPU berupa ganti rugi,” tutupnya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *