Bakar Away di Festival Wisata Teras Jambi Masuk Rekor Dunia

Sabtu, 25 Juni 2022 – 08:50 WIB

Gaya Hidup Kabargadget – Festival Giat di Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi menjadi pemecah rekor dunia setelah berbagai pertunjukan budaya yang dilakukan oleh masyarakat.

Salah satu atraksi yang salah satunya adalah memanggang makanan Jaudah di atas bara api yang dilakukan secara berkelompok mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di lapangan hijau Jangkat.

Rina, pengurus pemberdayaan kesejahteraan keluarga, saat dikonfirmasi, mengatakan jadah salah satu makanan khas daerah Jangkat ini disajikan saat Idul Fitri, Idul Adha dan menjelang puasa serta kegiatan adat untuk menjamu tamu dari luar daerah. .

“Makanan khas Jaudad merupakan makanan khas daerah yang disajikan pada hari raya dan acara adat,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Rina, saat makanannya matang, dipanggang di atas bara api yang dijepit di bambu dan setelah lunak, dimakan dan makanannya enak, seperti dodol.

“Kita tahu bahwa makanan khas Jadah Jangkat sudah masuk rekor dunia masakannya sudah mencapai ratusan orang di lapangan Angkat hijau,” ujarnya, Jumat, 24 Juni 2022.

Rina mengatakan, untuk memasak makanan, komposisi makanannya seperti tepung ketan, gula aren, tidak menggunakan gula putih dan menggunakan santan, lalu aduk hingga rata lalu masak dalam panci yang bentuknya seperti kuali.

“Gunakan minyak goreng untuk mengaduknya setelah masak mulai keras, siapkan bambu lalu masukkan makanan ke dalam bambu dan setelah keras itu di dalam bambu kemudian dipotong-potong bulat lalu dijepit di ujung bambu yang panjangnya 30 cm kemudian dibakar di atas bara api,” katanya. dia.

Rina menuturkan, makanan jaudad yang menjadi makanan khas daerah Jangkat sejak Januari lalu masih terus dipertahankan oleh masyarakat Jangkat, Kabupaten Merangin.

“Jaudah makanan khas sejak nenek moyang kita dan alhamdulillah masih terjaga sampai sekarang dan makanannya enak-enak,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *