Astronom Amati Planet Berbentuk Seperti Bola Rugby : Kabargadget techno


JAKARTAPlanet berbentuk seperti bola rugby baru-baru ini mengamati tim astronom mempelajari exoplanet. Diduga, bentuk ini disebabkan oleh gaya pasang surut yang kuat dari bintang induknya.

Dihimpun dari Gizmodo, Jumat (14/1/2022), pada dasarnya planet ini ditemukan pada tahun 2014, bernama WASP-103b, berjarak sekitar 1.530 tahun cahaya dari Bumi.

WASP-103b mengorbit bintangnya dalam waktu kurang dari 24 jam, dan 20 kali lebih panas dari Jupiter.

Tidak seperti Bumi, planet ini berbentuk bujur, seperti yang dijelaskan dalam makalah yang baru-baru ini diterbitkan di Astronomy & Astrophysics.

Baca Juga: Asteroid Sebesar Empire State Building Mendekati Bumi, Berbahayakah?

Penulis utama makalah tersebut, Susana Barros, mengatakan planet ini memiliki massa 1,5 kali dan ukurannya mirip dengan Jupiter.

“Jadi WASP-103b pasti sangat lonjong karena pemanasan dari bintang dan kemungkinan mekanisme lainnya,” kata Barros, yang juga astrofisikawan di Instituto de Astrophysica e Ciencias do Espaco dan Universitas Porto, Portugal.

Karena kemiripannya dengan WASP-103b, ia juga disebut sebagai Jupiter Panas, yang merupakan kelas planet ekstrasurya dengan karakteristik raksasa berisi gas.

Diketahui, WASP-103b bukanlah Jupiter Panas pertama yang tergolong unik. Pada tahun 2019, planet berbentuk bola rugby lainnya, WASP-121b, ditemukan menyemburkan logam berat.

(amj)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *