Airlangga : HET dipertahankan untuk minyak curah


Ini di tingkat konsumen yang berlaku di seluruh Indonesia dan disiapkan untuk 6 bulan ke depan

Jakarta (Kabargadget) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng dipertahankan untuk minyak goreng curah.

“Pemerintah tetap mempertahankan Rp 14.000 tapi dalam format curah dan kemudian format lain dalam bentuk ekonomi. Tadi saya lihat ada yang harganya Rp 18.000 hingga Rp 22.000 dalam kemasan,” kata Menko Airlangga usai meninjau digitalisasi di Pasar Tomang Barat, Jakarta. Barat, Kamis.

Pencabutan HET Rp14.000 per liter untuk minyak goreng kemasan yang semula direncanakan berlaku hingga Juni, lanjutnya, disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

“Tentu saja fluktuasi harga bervariasi, termasuk kemarin karena ketegangan geopolitik di Rusia,” jelasnya.

Terkait kelangkaan minyak curah yang dirasakan masyarakat, Airlangga mengatakan pemerintah sedang mendistribusikannya, terutama ke beberapa pasar di Jakarta.

Baca juga: Ombudsman Usulkan HET Hanya untuk Minyak Goreng Curah

Terkait dampak kenaikan harga minyak goreng, dia memperkirakan tidak akan berdampak pada inflasi pada triwulan I 2022 karena transmisi kenaikan harga akan memakan waktu.

“Februari masih sangat rendah bahkan deflasi, jadi kita lihat saja Maret nanti, apalagi menjelang Lebaran. Jadi kenaikan harga tidak terlalu berpengaruh karena transmisinya butuh waktu, yang dipantau ke depan. Ramadhan,” ujarnya.

Sementara itu, pada awal Januari, pemerintah mengambil kebijakan untuk memberikan minyak goreng kepada masyarakat dengan harga Rp. 14.000 per liter. Kebijakan tersebut semula disiapkan selama 6 bulan dan akan dievaluasi pada Mei mendatang.

Baca Juga: APPSI Minta Pemerintah Perhatikan HET Minyak Goreng di Pasaran

Selama periode 6 bulan, pemerintah menyediakan 1,2 miliar liter minyak goreng yang membutuhkan anggaran untuk menutupi selisih harga dan PPN sebesar Rp3,6 triliun.

“Ini di level konsumen yang berlaku di seluruh Indonesia dan disiapkan untuk 6 bulan ke depan,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto usai menggelar Rapat Koordinasi Terbatas di Jakarta yang disaksikan secara online, Rabu (5/1).

Baca juga: KSP minta pemerintah daerah juga pantau HET minyak goreng curah di pasar
Baca juga: Legislator Sebut Pencabutan HET Minyak Goreng Untungkan Pengusaha

Reporter: Kuntum Khaira Riswan
Subagyo
HAK CIPTA © Kabargadget 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *