8 Tempat Wisata Di Payakumbuh, Beberapa Seperti di Swiss dan Eropa

Kamis, 14 April 2022 – 16:41 WIB

Kabargadget – Tempat wisata di Payakumbuh bisa menjadi salah satu alternatif Anda untuk menikmati akhir pekan. Tidak hanya menyuguhkan berbagai keindahan alam seperti perbukitan dan sungai, Anda juga bisa belajar tentang budaya Minangkabau dari berbagai bangunan rumah adat hingga kebiasaan masyarakat Minang. Payakumbuh sendiri merupakan salah satu kota besar di Sumatera Barat dan memang memiliki panorama alam yang menakjubkan.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan alam yang indah dengan udara yang sangat sejuk. Tentunya tempat wisata di Payakumbuh sangat beragam dan bisa Anda pilih sesuka hati. Tempat wisata di Payakumbuh terdiri dari perpaduan alam dan budaya yang sangat unik. Bahkan, sejumlah tempat wisata seperti Padang Mangateh dan Lembah Harau sudah dikenal hingga mancanegara.

Selain itu, topografi wilayah kota ini terdiri dari perbukitan dengan ketinggian rata-rata 514 meter di atas permukaan laut. Suhu udara di Payakumbuh juga tidak terlalu panas dengan rata-rata 26 derajat Celcius dengan kelembapan antara 45-50%. Tak heran Payakumbuh dikenal sebagai tempat wisata dengan udara sejuk. Nah, berikut ulasan tempat wisata di Payakumbuh yang disadur dari berbagai sumber.

1. Jembatan Sembilan Tikungan

Arus Mudik di Kelok 9

Arus Mudik di Kelok 9

Foto:

  • Foto ANTARA/Iggoy El Fitra

Kelok sembilan ini merupakan salah satu tempat wisata di Payakumbuh yang tidak kalah terkenalnya. Jembatan ini sebenarnya merupakan jalan berliku yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat yang terletak sekitar 30 kilometer sebelah timur Kota Payakumbuh. Jalan tersebut membentang sepanjang 300 meter di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Jembatan sembilan jendela ini memiliki tikungan yang sangat tajam dengan lebar hingga 5 meter, berbatasan langsung dengan jurang, dan diapit oleh dua bukit di antara dua cagar alam, yaitu Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Namun kali ini dengan pembangunan yang dilakukan, kesembilan belitan tersebut menjadi semakin indah, asri, dan menarik banyak pengunjung yang melewatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *