8 Negara Yang Tidak Diakui Dunia Padahal Sudah Merdeka

Sabtu, 8 Januari 2022 – 08:04 WIB

Kabargadget – Tahukah Anda bahwa ada sejumlah negara yang tidak diakui dunia, padahal sudah merdeka. Memiliki jumlah penduduk yang besar bukanlah jaminan suatu negara akan diakui kedaulatannya oleh dunia. Selain itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan organisasi internasional terbesar di dunia dan mengakui 193 negara anggota. Hampir semua negara di dunia menjadi anggota PBB.

Namun, masih ada negara yang belum ditetapkan sebagai anggota karena belum diakui oleh semua negara. Selain harus memiliki unsur de facto dan de jure, diakui negara lain merupakan salah satu unsur pembentuk negara berdaulat. Selama ini ada beberapa negara yang belum diakui secara mutlak sebagai negara karena belum memenuhi seluruh persyaratan dan kewajiban secara penuh. Nah, berikut ini adalah review negara-negara yang tidak diakui dunia dari perjalanan budaya.

Lalu, negara apa saja yang tidak diakui dunia?

1. Transnistria

Transnistria atau yang memiliki nama resmi Republik Pridnestrovia Moldavia merupakan negara yang cukup terkenal, namun belum diakui oleh dunia. Wilayah negara ini berupa sebidang tanah kecil yang terletak di antara Ukraina dan Moldova. Transnistria dinyatakan terpisah dari Moldova setelah perang singkat pada tahun 1992. Negara ini juga memiliki perbatasan, paspor, bendera, mata uang, dan bahkan kemerdekaannya sendiri.

2. Abkhazia

Abkhazia merupakan salah satu negara yang tidak diakui oleh dunia, karena PBB mengakui bahwa negara ini adalah bagian dari negara Georgia. Abkhazia dapat dimasuki, baik melalui Georgia atau dari Rusia. Namun, Anda harus keluar dari jalur yang sama seperti saat Anda memasuki tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *