7 Fakta Menarik Tentang Yerusalem, Kota Suci 3 Agama

Jumat, 26 November 2021 – 06:56 WIB

Kabargadget – Yerusalem adalah salah satu kota tertua di dunia dan telah menjadi rebutan banyak orang di dunia. Salah satu faktor utama yang membuat kota ini menjadi rebutan adalah karena diklaim sebagai kota suci tiga agama besar di dunia, yakni Islam, Kristen, dan Yahudi. Selain itu, pada 2017 Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Keputusan itu disambut dengan kritik dari seluruh dunia. Sebab, kota tersebut sangat istimewa bagi kedua negara, yakni Israel dan Palestina,

Kata Yerusalam telah bergema di hati umat Islam, Kristen, dan Yahudi sejak berabad-abad yang lalu karena mereka mengalami perselisihan dan berbagi sejarah. Dalam bahasa Ibrani, Yerusalem adalah Yerushalayim dan dalam bahasa Arab dikatakan Al Quds. Sejak dulu, kota ini telah berulang kali ditaklukkan, dihancurkan, direbut, dan dibangun kembali oleh beberapa pihak. Nah, berikut ini fakta menarik tentang kota Yerusalem yang merupakan kota suci tiga agama besar di dunia, yang disadur dari berbagai sumber.

Lantas, apa saja fakta menarik tentang kota Yerusalem?

1. Masjid

Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem.

Di kota ini terdapat Muslim Quarter yang merupakan terbesar dari empat tempat suci. Di kawasan ini terdapat Kubah Batu dan juga Masjid al-Aqsha di dataran tinggi yang diyakini oleh umat Islam sebagai Haram al-Sharif. Masjid ini dikelola oleh sebuah lembaga wakaf dan merupakan tempat tersuci ketiga bagi umat Islam setelah Masjidil Haram di Mekkah dan Masjid Nabawi di Madinah.

Muslim percaya bahwa Rasulullah datang ke Masjid Aqsa dari Mekah selama Isra Miraj. Nabi Muhammad kemudian berdoa dan berdoa bersama dengan roh para Nabi. Beberapa langkah dari masjid, terdapat Kubah As-Syakhrah yang memiliki batu fondasi dan diyakini oleh umat Islam sebagai tempat Nabi Muhammad pergi ke surga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *