6 Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi!

Sabtu, 16 April 2022 – 20:30 WIB

Kabargadget – Tempat wisata di Banten Jawa Barat sangat beragam. Selain pantai di Banten, kini ada Taman Nasional Ujung Kulon yang kini terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO. Banten terkenal dengan masyarakat Baduy yang masih mempertahankan cara hidup tradisionalnya, menolak kemajuan teknologi. Tak heran jika desa mereka banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran ingin melihat keseharian masyarakat Baduy. Selain Baduy, Banten juga memiliki alam yang indah yang akan memukau wisatawan, dan pantai yang indah. Berikut beberapa destinasi yang diadaptasi dari berbagai sumber, wajib dikunjungi jika Anda datang ke kota Banten.

  1. desa Baduy

Suasana di kampung adat Baduy.

Suasana di kampung adat Baduy.

Foto:

  • dermaga. Jalan Tol ASTRA Tangerang-Merak

Suku Baduy terkenal sangat menjaga adat istiadatnya. Secara umum, Baduy terbagi menjadi dua, yaitu Baduy Luar (luar) dan Baduy Dalam (dalam). Suku Baduy Luar sudah tidak asing lagi dengan teknologi, seperti perangkat elektronik dan peralatan rumah tangga modern. Sementara suku Baduy Dalam masih sangat tradisional, mereka bahkan tidak menggunakan listrik. Ciri khas masyarakat Baduy Luar adalah mengenakan pakaian berwarna hitam dengan ikat kepala berwarna biru tua.
Desa Baduy terletak di Desa Kanekes, Leuwidamar, Kabupaten Lebak. Dari Serang, pengunjung harus menuju Terminal Rangkasbitung. Dari sini, pengunjung naik mini bus ke Ciboleger. Setibanya di Ciboleger, pengunjung akan disambut oleh pemandu lokal yang akan mengantar Anda ke pintu gerbang Desa Kanekes. Dari sini perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Untuk masuk ke desa Baduy, pengunjung membayar sepuasnya, begitu juga dengan biaya pemandu. Perlu diketahui bahwa pengunjung yang datang ke desa Baduy Dalam dilarang mengambil gambar dan mengaktifkan alat komunikasi. Wisatawan dapat mengunjungi sejumlah desa di luar hari libur pada bulan April dan Mei, meski harus terlebih dahulu mendapatkan izin di dinas pariwisata Rangkasbitung.

  1. Pantai Labuan

Pantai Labuan

Pantai Labuan adalah bagian yang sangat indah dari Banten, terdiri dari kerikil kecil dan banyak kerang yang menarik. Ada berbagai atraksi pantai dan fasilitas yang tersedia di sekitar Pantai Labuan, seperti banana boat yang asyik. Banyak wisatawan yang datang ke Labuan untuk sekedar mampir karena sedang dalam perjalanan menuju Carita atau Taman Nasional Ujung Kulon.

  1. Pantai Carita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *