5 Tips Memaksimalkan Aktivitas Pemasaran melalui WhatsApp

AKURAT.CO,Sudah menjadi rahasia umum bahwa WhatsApp adalah aplikasi messenger paling populer di dunia. Mengingat, ada sekitar dua miliar pengguna yang aktif menggunakan WhatsApp setiap bulannya.

Maka tidak heran jika pada akhirnya banyak pebisnis yang memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk memaksimalkan bisnisnya. Salah satunya dengan melakukan kegiatan pemasaran.

Apalagi WhatsApp memiliki WhatsApp Business yang merupakan versi khusus dari aplikasi WhatsApp yang ditujukan untuk para pebisnis. Sehingga para pelaku bisnis dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk melakukan pemasaran secara maksimal.

baca juga:

Lalu, bagaimana cara memaksimalkan aktivitas pemasaran di WhatsApp?

Berikut 5 tips yang bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran bisnis:

1. Fokus pada target pasar

Tips pertama untuk memaksimalkan aktivitas pemasaran di WhatsApp adalah fokus pada target pasar bisnis. Misalnya dengan membidik pelanggan dengan usia tertentu, seperti millennials, gen Z, middle-aged, dan lain-lain.

Ini akan membantu menciptakan konten pemasaran yang menarik dan sesuai untuk pasar sasaran. Sehingga nantinya bisa menjangkau konsumen yang dibidik secara maksimal.

2. Manfaatkan fitur Story untuk promosi

Aplikasi WhatsApp memiliki fitur Story yang bekerja mirip dengan Stories di Instagram. Fitur ini dapat digunakan untuk berbagi informasi terkait promosi produk atau jasa yang Anda miliki saat ini.

Membuat konten promosi di Stories dapat membantu menarik pelanggan untuk terlibat lebih jauh dengan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Story untuk membagikan testimonial dari pelanggan yang sudah ada. Tujuannya adalah untuk membangun kredibilitas bisnis di mata pelanggan.

3. Kirim pesan promosi WhatsApp secara teratur

Kegiatan pemasaran lain yang dapat dilakukan di WhatsApp adalah dengan mengirimkan pesan promosi secara rutin.

Bagikan penawaran menarik melalui pesan siaran WhatsApp. Ini dapat membantu membangun keterlibatan dan mengonversi prospek.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memaksimalkannya dengan menggunakan fitur WhatsApp blast.

Fitur WA blast memungkinkan untuk menyebarkan pesan broadcast tanpa perlu menyimpan kontak pelanggan sebelumnya, begitu juga sebaliknya.

Namun, WA blast hanya bisa didapatkan di akun resmi WhatsApp Business API. Oleh karena itu, Anda perlu mengupgrade akun WhatsApp Business Anda ke akun WhatsApp API.

4. Buat katalog produk

Katalog produk akan membantu memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarkan oleh bisnis tersebut. Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan Chatbot untuk membagikan katalog dengan mudah kepada pelanggan.

Dengan begitu, pelanggan dapat langsung memilih produk yang mereka butuhkan melalui katalog yang dikirimkan oleh Chatbot.

5. Manfaatkan sepenuhnya fitur WhatsApp

Selain beberapa fitur yang disebutkan di atas, masih banyak fitur WhatsApp lainnya yang bisa digunakan untuk memaksimalkan pemasaran bisnis. Misalnya, mengaktifkan fitur Pesan Pergi, Pesan Ucapan, dan Balasan Cepat sangat bagus untuk mengamankan dan memelihara hubungan pelanggan Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai fitur canggih WhatsApp lainnya dengan cara mengupgrade akun Anda ke WhatsApp API. Dengan menggunakan API WhatsApp, Anda dapat memiliki fitur WhatsApp blast, Chatbots, centang hijau, integrasi dengan aplikasi CRM, dan banyak lagi.[]



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *