5 Fakta Sosial Budaya Suku Aborigin, Suku Adat Tergusur

Rabu, 21 September 2022 – 11:54 WIB

Perjalanan Kabargadget Australia merupakan benua yang letaknya dekat dengan Indonesia. Aborigin adalah penduduk asli benua itu. Aborigin bukanlah kelompok yang homogen, melainkan berbagai kelompok yang membentuk budaya di benua Australia.

Sebelum orang Eropa atau orang kulit putih datang ke Australia, negara ini memiliki penduduk asli. Penduduk asli Australia adalah orang Aborigin.

Tumpukan batu tua yang digunakan sebagai jam matahari kuno oleh suku Aborigin

Tumpukan batu tua yang digunakan sebagai jam matahari kuno oleh suku Aborigin

Orang Aborigin telah tinggal di benua Australia selama sekitar 50.000 tahun. Sebanyak 250 bahasa dan 600 dialek berbeda dituturkan oleh suku Aborigin yang tersebar di seluruh Australia. Ada dua kelompok, yaitu suku Aborigin yang mendiami Australia, setelah Inggris menjajah pulau tersebut pada tahun 1788. Kelompok kedua adalah penduduk pulau-pulau di Selat Torres.

Penduduk ini juga tinggal di Queensland, negara bagian Australia dan Papua Nugini. Mereka berasal dari Melanesia, yang memiliki budaya berbeda dengan suku Aborigin di benua utama. Nah, masih penasaran dengan budaya lain apa saja yang ada di Suku Aborigin? Berikut Viva rangkum dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Asal Aborigin

Awalnya suku Aborigin di Australia berasal dari Asia kemudian pindah ke pulau-pulau di Asia Tenggara. Kemudian suku ini menetap di benua Australia selama 45.000-50.000 tahun. Mengutip dari jurnal britannica.com, beberapa peneliti mengklaim bahwa manusia purba ada sekitar 65.000 hingga 80.000 tahun yang lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *