10 Fakta Mesopotamia, Peradaban Suku Pertama dan Tertua di Dunia

Kamis, 24 Maret 2022 – 14:50 WIB

Kabargadget – Mesopotamia adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada wilayah historis Asia barat di sistem sungai Tigris–Efrat. Meskipun tidak pasti, umumnya dianggap sebagai tempat di mana masyarakat manusia pertama kali muncul dan karena itu sering disebut sebagai “tempat lahirnya peradaban”.

Mesopotamia adalah tempat di mana kota-kota penting secara historis paling awal berkembang seperti Uruk, Niniwe dan Babel. Itu melihat kerajaan besar paling awal di dunia yang dipimpin oleh para pemimpin terkenal seperti Sargon dari Akkad, Hammurabi dan Tiglath-Pileser III.

Mesopotamia adalah rumah bagi banyak peradaban besar tertua di dunia termasuk bangsa Sumeria, Akkadia, Asyur, dan Babilonia. Bangsa Sumeria, yang pertama kali menetap secara permanen antara 5500 SM dan 4000 SM, adalah peradaban Mesopotamia paling awal yang diketahui.

Mesopotamia, sebagai sebuah peradaban, diperkirakan telah berakhir dengan jatuhnya Babel ke tangan Koresh Agung dari Persia pada tahun 539 SM. Berikut 10 fakta menarik tentang Mesopotamia yang dikutip dari belajar-newtonic.

1. Arti Nama Mesopotamia

Istilah Mesopotamia berasal dari akar kata Yunani kuno “meso”, yang berarti “tengah” dan “potamos” yang berarti “sungai”. Jadi itu diterjemahkan menjadi “(tanah) di tengah sungai”. Mesopotamia secara luas mengacu pada tanah antara sungai Efrat dan Tigris.

Wilayah ini mencakup sebagian besar Irak modern, Kuwait, dan bagian utara Arab Saudi, Iran barat, Suriah timur, dan Turki tenggara. Mesopotamia dibagi menjadi Mesopotamia Utara atau Atas, yang merupakan daerah antara dua sungai dari sumbernya ke Bagdad. Dan Mesopotamia Selatan atau Bawah, yang merupakan wilayah dari Bagdad hingga Teluk Persia termasuk Kuwait dan sebagian Iran barat. Mesopotamia adalah rumah bagi banyak peradaban besar tertua di dunia termasuk bangsa Sumeria, Akkadia, Asyur, dan Babilonia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *